PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA IKLAN DISPLAY DALAM SURAT KABAR HARIAN TRIBUN LAMPUNG

Published: Feb 2, 2023

Abstract:

Abstrak : Masalah pada penelitian ini, yaitu berkaitan dengan penggunaan ejaan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan ejaan bahasa Indonesia: huruf kapital, huruf miring, singkatan, akronim, tanda titik, dan tanda koma pada iklan display dalam surat kabar harian Tribun Lampung bulan April—Mei 2021. Pada penelitian ini digunakan metode kualitatif. Kemudian, hasil dari analisis di dalam 30 surat kabar harian Tribun Lampung bulan April—Mei 2021 terdapat 1036 penggunaan ejaan bahasa Indonesia: huruf kapital, huruf miring, singkatan, akronim, tanda titik, dan tanda koma. Melalui analisis ini diharapkan penerbit lebih memaksimalkan ketelitiannya dalam menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang benar ketika menulis iklan display. Hal itu dilakukan untuk meminimalisasi kurangnya pemahaman pembaca terhadap penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada iklan display dalam surat kabar harian Tribun Lampung.

Keywords:
1. Bahasa
2. Ejaan
3. Iklan
Authors:
1 . Yanti Wulan Dari
2 . Masitoh
3 . Dewi Ratnaningsih
How to Cite
Wulan Dari, Y., Masitoh, & Ratnaningsih, D. (2023). PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA IKLAN DISPLAY DALAM SURAT KABAR HARIAN TRIBUN LAMPUNG. Griya Cendikia, 8(1), 126–130. Retrieved from https://juma.umko.ac.id/index.php/griya-cendikia/article/view/415