Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Powtoon terhadap Pemahaman Konsep Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Published: Feb 2, 2023

Abstract:

Kurangnya penggunaan media pembelajaran untuk mengilustrasikan bentuk abstrak kebentuk kongkret, membuat peserta didik kurang memahami konsep pada materi segitiga dan segiempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan powtoon terhadap pemahaman konsep materi segitiga dan segiempat kelas VII SMP Negeri 10 Kotabumi. Metode penilitan dan pengembangan menggunakan model Sugiyono, namun pada penelitian ini dibatasi hanya sampai 7 tahap yaitu sampai tahap revisi produk II. Setelah dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbantuan powtoon mendapatkan hasil dengan persentase sebagai berikut: ahli materi (78%) “layak, tanpa revisi”, ahli media (93%) “sangat layak tanpa revisi, ahli bahasa (97%) “sangat layak, tanpa revisi”, praktisi pendidikan (100%) “sangat layak tanpa revisi”, respon peserta didik (86%) “sangat layak, tanpa revisi”. Berdasakan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran berbantuan powtoon terhadap pemahaman konsep materi segitiga dan segiempat kelas VII SMP, layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk dapat menunjang proses belajaran disekolah.

Keywords:
1. Pengembangan
2. Media Pembelajaran
3. Pemahaman Konsep
4. Segitiga
5. Segiempat
Authors:
Yuni Apriyanti
How to Cite
Apriyanti, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Powtoon terhadap Pemahaman Konsep Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Griya Cendikia, 8(1), 439–451. Retrieved from https://juma.umko.ac.id/index.php/griya-cendikia/article/view/424