Analisis Hiponim pada Kumpulan Lagu Karya Ebit G. Ade sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas

Published: Feb 2, 2023

Abstract:

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah hiponim yang terdapat pada kumpulan lagu karya Ebit G. Ade. Lirik lagu tersebut akan dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Tujuan dari penelitian ini ialah digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang terdapat pada kumpulan lagu karya Ebit G. Ade serta menentukan layak atau tidaknya kumpulan lagu tersebut dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Hasil dari penelitian ini ditemukan 56 data hiponim. Dari aspek bahan ajar, kumpulan lagu tersebut telah memenuhi kriteria dari aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya sehingga layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar bagi peserta didik di sekolah menengah atas.

Kata kunci: Bahan ajar, Ebit G. Ade, hiponim, kumpulan lagu.

Authors:
1 . Okta Setiyani
2 . Sri Widayati
3 . Dewi Ratnaningsih
How to Cite
Setiyani, O., Widayati, S., & Ratnaningsih, D. (2023). Analisis Hiponim pada Kumpulan Lagu Karya Ebit G. Ade sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Griya Cendikia, 8(1), 45–54. Retrieved from https://juma.umko.ac.id/index.php/griya-cendikia/article/view/733