Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perubahan Wujud Benda Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamaju Tahun Pelajaran 2022/2023

Published: Jan 25, 2024

Abstract:

Pendidikan adalah suatu hal yang wajib diperoleh semua anak sebagai persiapan dalam melewati perjalanan hidup di waktu yang akan datang. Dalam melaksanakan pembelajaran banyak tantangan yang ditemui salah satunya, yaitu hasil belajar siswa belum mencapai KKM seperti siswa kelas IV di SD Negeri 1 Sukamaju Tahun Pelajaran 2022/2023 . Penyebab hasil belajar siswa rendah salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak tepat sehingga membuat siswa bosan atau tidak bersemangat dalam proses Penataran ini. Adapun tujuan dari penelitian ini rencana kedepannya supaya mengetahui ada pengaruh dalam penggunaan model Penataran CTL pada hasil belajar IPA pada materi perubahan wujud benda siswa kelas IV Negeri 1 Sukamaju Di tahun pelajaran 2022/2023.Konsep kajian yang dipakai dalam kajian ini adalah Quasi Eksperimental dengan kuantitatif. Dalam pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak ada perbedaan. Kemudian, saat kelas ekperimen diberikan perlakuan atau perlakuan menunjukkan suatu perbedaan, yaitu hasil belajar atau posttest siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil posttest kelas kontrol. Diperoleh Thitung posttest kelas eksperimen, yaitu 2,022 sementara itu T tabel 2,016. Dalam perihal ini menampilkan jika t hitung > t tabel ataupun H0 ditolak serta Ha diperoleh. Kesimpulan yang didapat yaitu “ Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada hasil belajar IPA materi perubahan bentuk benda siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamaju Tahun Pelajaran 2022/2023”. saat kelas ekperimen diberikan perlakuan atau perlakuan menunjukkan suatu perbedaan, yaitu hasil belajar atau posttest siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil posttest kelas kontrol. Diperoleh Thitung posttest kelas eksperimen, yaitu 2,022 sementara itu T tabel 2,016. Dalam perihal ini menampilkan jika t hitung > t tabel ataupun H0 ditolak serta Ha diperoleh. Kesimpulan yang didapat yaitu “ Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada hasil belajar IPA materi perubahan bentuk benda siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamaju Tahun Pelajaran 2022/2023”. saat kelas ekperimen diberikan perlakuan atau perlakuan menunjukkan suatu perbedaan, yaitu hasil belajar atau posttest siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil posttest kelas kontrol. Diperoleh Thitung posttest kelas eksperimen, yaitu 2,022 sementara itu T tabel 2,016. Dalam perihal ini menampilkan jika t hitung > t tabel ataupun H0 ditolak serta Ha diperoleh. Kesimpulan yang didapat yaitu “ Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada hasil belajar IPA materi perubahan bentuk benda siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamaju Tahun Pelajaran 2022/2023”. Dalam perihal ini menampilkan jika t hitung > t tabel ataupun H0 ditolak serta Ha diperoleh. Kesimpulan yang didapat yaitu “ Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada hasil belajar IPA materi perubahan bentuk benda siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamaju Tahun Pelajaran 2022/2023”. Dalam perihal ini menampilkan jika t hitung > t tabel ataupun H0 ditolak serta Ha diperoleh. Kesimpulan yang didapat yaitu “Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada hasil belajar IPA materi perubahan bentuk benda siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamaju Tahun Pelajaran 2022/2023”.

Keywords:
1. Hasil Belajar IPA
2. Model Pembelajaran CTL
3. IPA
4. Perubahan Wujud Benda
Authors:
1 . Badawi
2 . Nita Wijayanti
3 . Elizar
How to Cite
Badawi, Wijayanti, N., & Elizar. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perubahan Wujud Benda Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamaju Tahun Pelajaran 2022/2023. Griya Cendikia, 9(1), 178–184. Retrieved from https://juma.umko.ac.id/index.php/griya-cendikia/article/view/1001