PSYCHOLOGICAL BARRIERS IN READING COMPREHENSION ENCOUNTERED BY THE STUDENTS AT FOURTH SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2019/2020

Published: Jul 23, 2021

Abstract:

Membaca adalah salah satu keterampilan yang bisa dikatakan sangat penting, karena pelajar tidak hanya di minta untuk membaca teks bacaan namun juga harus mampu menguasai dan memahami isi teks bacaan. Namun empat keterampilan bahasa Inggris tersebut pasti memiliki hambatan yang akan dirasakan oleh pelajar, salah satunya yaitu hambatan dalam keterampilan membaca. Hambatan yang muncul terdiri dari 2 aspek yaitu dari segi komponen bahasa dan juga dari segi psikologi. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai hambatan-hambatan psikologi dalam keterampilan membaca yang temukan oleh pelajar semester empat program studiPendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Kotabumi Tahun Akademik 2019/2020. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hambatan dan menemukan hambatan psikologi yang paling berpengaruh negatif yang dialami oleh pelajar pada semester empat program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Kotabumi Tahun Akademik 2019/2020. Jenis penelitian yang diambil yaitu penelitian deskripsi kualitatif dengan yang berfokus pada studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah pelajar semester empat kelas A pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Peneliti telah menentukan delapan pelajar sebagai subjek penelitian dengan menggunakan tehnik snowball sampling. Peneliti juga telah menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa hambatan psikologi yang dialami oleh pelajar semester empat pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Kotabumi Tahun Akademik 2019/2020, diantaranya yaitu: (1) Kehilangan Perhatian, (2) Kurang Memperhatikan, (3) Kurang Percaya Diri, (4) Emosi, (5) Rasa Malu, (6) Motivasi, (7) Umur, (8) Sikap, (9) Kemampuan Diri, dan (10) Konsep Diri.Dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa hambatan psikologi yang paling berpengaruh terhadap pelajar adalah dari aspek motivasi.

Keywords:
1. Bahasa Inggris
2. membaca
3. hambatan psikologi
Authors:
Maysarah Mustikasari
How to Cite
Mustikasari, M. . (2021). PSYCHOLOGICAL BARRIERS IN READING COMPREHENSION ENCOUNTERED BY THE STUDENTS AT FOURTH SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2019/2020. Griya Cendikia, 6(2), 277–291. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v6i2.103