TEACHING READING COMPREHENSION BY USING LISTEN, READ, AND DISCUSS (LRD) STRATEGY

Published: Jul 23, 2021

Abstract:

Membaca adalah salah satu aspect yang sangat penting dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Penggunaan strategy membaca yang efektif akan menjamin pembaca dalam memahami isi teks dalam waktu singkat dengan hasil yang maksimal. Membaca merupakan kegiatan menerima untuk mendapatkan pemahaman yang baik dan menyeluruh, bukan hanya pemahaman yang dituntut dalam membaca melainkan juga pengolahan text bacaan akan membuat pembaca menjadi berfikir kritis dan kreatif. Dalam setiap pembelajaran membutuhkan strategy dan LRD strategy berperan penting dalam pembelajaran membaca, strategy LRD memiliki langkah dalam setiap proses pembelajaran yaitu listening yang bersifat reseptif yaitu kemampuan yang bersifat input atau masukan saat mereka mendengar sesuatu, Reading bertujuan untuk mendapatkan makna dari yang tertulis dalam text, and discussion melibatkan untuk tukar informasi (informasi sharing), pemeliharaan diri (self maintance) dan penyelesaian masalah (problem solving). Dapat disimpulakan bahwa Strategy LRD dapat membina penalaran. siswa maka dari itu LRD strategy ini sangat baik untuk kepentingan membaca secara intensif dan menciptakan keaktifan dalam prosees pembelajaran. LRD strategy mempunyai keunggulan dalam proses pembelajaran bahasa inggris khusus nya membaca. LRD strategy mempunyai keunggulan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan baik, meningkatkan keaktifan yang melibatkan semua siswa aktif didalam nya sehingga dapat menjadikan pembaca percaya diri untuk memahami makna dari text yang kemudian diungkapkan dalam sebuah argumen. Beberapa kelebihan strategi ini adalah pertama siswa dan guru terlibat langsung dalam pembelajaran keuntungan kedua siswa telah memiliki latar belakang kemampuan sehingga memungkinkan siswa untuk lebih memahami. Ketiga siswa akan aktif didalam kelas saat diskusi dimulai

Keywords:
1. Listen
2. Read
3. Discuss (LRD) Strategy
Authors:
Mita Dewi Putri
How to Cite
Putri, M. D. . (2021). TEACHING READING COMPREHENSION BY USING LISTEN, READ, AND DISCUSS (LRD) STRATEGY . Griya Cendikia, 6(2), 292–297. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v6i2.104