Analisis Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 02 Rejosari Tahun Ajaran 2023/2024

Published: Jan 25, 2024

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan menulis permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 02 Rejosari Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian observasi kemampuan menulis permulaan terdapat 5 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM pada aspek menuliskan huruf alfabet, 6 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM pada aspek menirukan dan menyalin tulisan, 7 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM pada aspek menuliskan kata dengan sempurna, 20 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM pada aspek tulisan stabil, dan 17 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM pada aspek tulisan bisa terbaca. Dari 22 jumlah siswa kelas I, terdapat banyak siswa yang masih kurang menguasai keterampilan menulis permulaan.

Keywords:
1. Kemampuan
2. Menulis Permulaan
3. Sekolah Dasar
Authors:
1 . Yasinta Mahendra
2 . Ajeng Ardhia Cahyani
How to Cite
Mahendra, Y., & Cahyani, A. A. (2024). Analisis Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 02 Rejosari Tahun Ajaran 2023/2024. Griya Cendikia, 9(1), 58–67. Retrieved from https://juma.umko.ac.id/index.php/griya-cendikia/article/view/1064