THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ EMOTIONAL INTELLIGENCE AND THEIR SPEAKING ABILITY AT THE TENTH GRADE OF SMAN 01 KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2020/2021

Published: Jul 23, 2021

Abstract:

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa dengan kemampuan berbicara siswa kelas X di SMAN 01 Kotabumi tahun pelajaran 2020/2021. Berbicara merupakan instrumen yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam berkomunikasi secara lisan. Kemampuan berbicara siswa berkaitan dengan beberapa faktor, salah satunya adalah kecerdasan emosional siswa. Siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dapat mengatur dan mengendalikan emosinya, sehingga berbicara dengan baik. Pada kenyataannya siswa mengalami beberapa kesulitan dalam berbicara, seperti: siswa kurang penguasaan kosakata, siswa merasa malu dan takut berbicara bahasa inggris, siswa sulit untuk mengucapkan kosa kata dengan benar, dan siswa malas dan bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Jika siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, mereka dapat mengontrol emosi dengan baik dan mereka dapat menggunakan kecerdasannya dalam berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, peneliti menggunakan metode korelasi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas (X) yaitu kecerdasan emosional siswa dan variabel terikat (Y) yaitu kemampuan berbicara. Populasi penelitian ini sebanyak 347 siswa. Jumlah sampel penelitian ini terdiri dari 35 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data kecerdasan emosional siswa menggunakan kuesioner. Sedangkan untuk pengumpulan data kemampuan berbicara siswa menggunakan tes berbicara. Hasil penelitian menunjukkan thitung 4,641 ˃ ttabel 1,690 dengan α = 5%. Artinya Ha diterima. Karena thitung lebih besar dari ttabel, artinya ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa dengan kemampuan berbicara siswa kelas X di SMAN 01 Kotabumi tahun pelajaran 2020/2021.

Keywords:
1. kecerdasan emosional
2. kemampuan berbicara
3. kesulitan siswa
Authors:
Oktarina Pitriani
How to Cite
Pitriani, O. . (2021). THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ EMOTIONAL INTELLIGENCE AND THEIR SPEAKING ABILITY AT THE TENTH GRADE OF SMAN 01 KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2020/2021. Griya Cendikia, 6(2), 319–332. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v6i2.107