CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ READING HABIT AND READING COMPREHENSION IN ENGLISH AT SMP NEGERI 4 KOTABUMI

Published: Jul 23, 2021

Abstract:

Pemahaman membaca merupakan proses memahami sebuah tulisan dan dapat menguasai pesan yang dimaksud. Namun, ketika pe-neliti melakukan observasi pada kelas delapan di SMP Negeri 4 Kota-bumi, peneliti menemukan bahwa terdapat beberapa siswa yang memi-liki kemampuan yang masih rendah dalam memahami sebuah teks ber-bahasa Inggris. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk me-neliti apakah terdapat korelasi signifikan antara kebiasaan membaca siswa dan pemahaman membaca dalam bahasa Inggris. Populasi da-lam penelitian ini adalah semua siswa kelas delapan di SMP Negeri 4 Kotabumi tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian ini adalah tes pilihan ganda dan angket. Data yang didapat dianalisis menggunakan rumus Product Moment Correlation, dan hasil data statistik analisis penelitian ini adalah rhitung > rtabel (36)(0.05) = 0.392 > 0.329. Selanjutnya, hasil dari uji t adalah thitung > ttabel (36)(0.05) = 2.484 > 1.688, ini menun-jukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kebiasaan mem-baca siswa dan pemahaman membaca dalam bahasa Inggris pada sis-wa kelas delapan di SMP Negeri 4 Kotabumi tahun ajaran 2020/2021.

Keywords:
1. kebiasaan membaca
2. pemahaman membaca
3. korelasi
Authors:
Rasema Oktapia
How to Cite
Oktapia, R. . (2021). CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ READING HABIT AND READING COMPREHENSION IN ENGLISH AT SMP NEGERI 4 KOTABUMI. Griya Cendikia, 6(2), 333–341. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v6i2.108