THE INFLUENCE OF USING 3H (HERE, HIDDEN AND IN MY HEAD) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT AT TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 1 ABUNG BARAT ACADEMIC YEAR 2019/2020

Published: Jul 23, 2021

Abstract:

Membaca adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa. Kemampuan membaca adalah kemampuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan dari teks yang ditulis. Berdasarkan interview dengan guru bahasa inggris, peneliti mendapat beberapa informasi terkait masalah yang terjadi pada siswa dalam kegiatan membaca. Salah satunya adalah kemampuan membaca siswa yang rendah. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi 3H terhadap pemahaman membaca siswa pada teks naratif di kelas X dari SMA Negeri 1 Abung Barat tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan model design non equivalent control group. Kemudian sample yang diambil pada penelitian ini dilakukan secara purposive. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 dan X IPA 4 yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui test reading comprehension dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Berdasarkan hasil penelitian, pengajaran pemahaman membaca siswa melalui strategi 3H dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam mempelajari teks naratif. Hasil perhitungan uji-t dua sampel independen pada taraf kesalahan 5% menghasilkan thitung (8.51)> ttabel (1,997), ini artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan penggunaan strategi 3H terhadap pemahaman membaca siswa pada teks naratif di kelas X dari SMA Negeri 1 Abung Barat tahun ajaran 2019/2020 diterima.

Keywords:
1. Pemahaman Membaca
2. Strategi 3H (Here, Hidden And In My Head
3. Teks Naratif
Authors:
Tiara Suci
How to Cite
Suci, T. . (2021). THE INFLUENCE OF USING 3H (HERE, HIDDEN AND IN MY HEAD) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT AT TENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 1 ABUNG BARAT ACADEMIC YEAR 2019/2020. Griya Cendikia, 6(2), 354–360. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v6i2.110