Analisis hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student achievement division (STAD)

Published: Aug 4, 2022

Abstract:

Abstract: The problem of this research is to study the student thesis of STKIP Muhammadiyah Kotabumi by analyzing learning outcomes by applying the STAD type cooperative learning model to mathematics learning in high school. This study aims to describe the results of the analysis that has been carried out on the thesis with the title the effect of learning mathematics outcomes using the STAD type cooperative learning model. This research is a qualitative approach research. The analysis technique carried out in this study uses observation and documentation techniques with the data sources of theses relating to the STAD type cooperative learning model in the reference room of the Muhammadiyah University of Kotabumi and other reference books that support the theories presented as follows. research study material. The results of the study indicate that the use of the STAD learning model that is applied in schools has a good value in conveying learning. One of them that is applied to learning mathematics produces good grades for students, this is proven in the three thesis that has been done by Anggia Murni, Venty Meilasari and Rissa Arifin in their research there is a good and positive influence in learning mathematics after the delivery of learning using the cooperative learning model STAD type.
Keywords: analysis, leraning outcomes, STAD type cooperatif learning model

Abstrak
Masalah penelitian ini yaitu melakukan pengkajian Skripsi Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kotabumi dengan Menganalisis hasil belajr dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tife STAD terhadap pembelajaran matematika di sekolah menengah atas. Penelitian tersebut bertujuan guna mendeskripsikan hasil analisis yang sudah dilakukn pada skripsi yang berjudul pengaruh hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tife STAD. Penelitian tersebut ialah penelitian pendekatan kualitatif. Tehnik penganalisian yang dilakukan pada penelitian tersebut menggunakan tehnik observasi serta dokumentasi dengan sumber data skripsi-skripsi yang berkaitan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang ada di ruang referensi universitas muhamadiyah kotabumi dan buku-buku referensi lainnya yang mendukung pada teori-teori yang di sajikan sebagai bahan kajian penelitian. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pada penggunaan model pembelajaran STAD yang di terapkan di sekolah mempunyai nilai yang baik dalam menyampaikan pembelajarannya. Salah satunya yang diterapkan pada pembelajaran matematika menghasilkan nilai yang baik untuk siswanya, hal ini terbukti pada ketiga skripsi yang telah dilakukan oleh Anggia Murni, Venty Meilasari Dan Rissa Arifin didalam penelitiannya terdapat pengaruh yang baik dan positif dalam pembelajaran matematika setelah penyampaian pembelajarannya menggunakan model pembelajaran STAD.
Kata Kunci: Analisis, Hasil belajar,Model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Keywords:
1. Kata Kunci: Analisis, Hasil belajar,Model pembelajaran kooperatif tipe STAD
Authors:
1 . Tika Putri andika
2 . Aan Sururi
3 . Khusnul Khotimah
How to Cite
Putri andika, T., Sururi, A., & Khotimah, K. (2022). Analisis hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student achievement division (STAD) . Griya Cendikia, 7(2), 731–743. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i2.152