PENERAPAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH

Published: Aug 1, 2022

Abstract:

Dalam penelitian ini dibahas penerapan keterampilan membaca pada siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan membaca siswa berkebutuhan khusus di sekolah. Membaca merupakan suatu kegiatan untuk mendapatkan suatu informasi melalui tulisan. Kegiatan membaca biasa dipelajari oleh siswa secara umum dan siswa yang mengalami kebutuhan khusus. anak yang mengalami gangguan atau berkebutuhan khusus dapat dilihat dari segi fisik, psikis, moral dan sosial. Jenis-jenis anak berkebutuhan khusus yang ada di Indonesia meliputi, anak tuna netra, rungu, grahita, daksa, laras dan autisme. Misalnya saja anak yang mengalami gangguan/kelainan yang berkaitan dengan indra penglihatan perlu menggunakan alat bantu huruf braile untuk memudahkan proses pembelajaran di sekolah pada keterampilan membaca dalam bahasa Indonesia.

Keywords:
1. Membaca
2. Anak Berkebutuhan Khusus
3. Pembelajaran
Authors:
Citra Altyna
How to Cite
Altyna, C. (2022). PENERAPAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH. Griya Cendikia, 7(2), 209–219. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i2.220