Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Pembelajaran Daring Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Utara Tahun Ajaran 2021/2022

Published: Aug 1, 2022

Abstract:

Abstract

This study aims to determine whether there is a relationship between learning discipline and mathematics learning achievement in online learning of social arithmetic material for seventh grade students of Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 North Lampung. This research is quantitative descriptive. The population in this study were seventh grade students of Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 North Lampung with a total of 63 students. The sample used was calculated using the Slovin formula for 27 students. The data collection technique used a learning achievement test for straight-line equations ( = 0.744), and learning discipline ( = 0.906). Before testing the hypothesis, the normality test was carried out using the Lilliefors test and homogeneity using the Bartlett test. The results showed that there was a relationship between learning discipline and learning achievement in social arithmetic material with a correlation coefficient ( ) of 0.549 ( =0.549 > = 0.381)

Keywords: Learning Discipline, Learning Achievement, Social Arithmetic

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat tidaknya hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar matematika pada pembelajaran daring materi aritmatika sosial siswa kelas VII Mts negeri 1 lampung utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas VII madrasah tsanawiyah negeri 1 lampung utara dengan jumlah 63 siswa. Sampel yang digunakan dari hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin 27 murid. Teknik pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar materi persamaan garis lurus ( = 0,744), dan kedisiplinan belajar ( = 0,906). Sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar materi aritmatika sosial dengan koefisien korelasi sebesar 0,549 = 0,381)

Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar, Aritmatika sosial

Authors:
aryanti yanti
How to Cite
yanti, aryanti. (2022). Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Pembelajaran Daring Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Utara Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Cendikia, 7(2), 150–158. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i2.305