Tindak Tutur Direktif pada Novel Harga Sebuah Percaya Karya Tere Liye sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas.

Published: Aug 4, 2022

Abstract:

Masalah penelitian ini adalah tindak tutur direktif yang terdapat di dalam novel Harga Sebuah Percaya karya Tere Liye. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tindak tutur direktif dalam novel Harga Sebuah Percaya karya Tere Liye dan dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Penelitian ini memanfaatkan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Harga Sebuah Percaya karya Tere Liye. Data diperoleh dengan teknik membaca, menandai, dan mencatat tindak tutur direktif yang terdapat di dalamnya. Data dianalisis dengan langkah-langkah berikut: (1) pengodean pada data penelitian, (2) pengklasifikasian pada data, (3) interprestasi temuan penelitian, (4) penentu kelayakan novel Harga Sebuah Percaya karya Tere Liye dijadikan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA, dan (5) penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini ada 6 jenis tindak tutur direktif, yaitu tindak tutur direktif meminta, menanya, memerintah, melarang, mengizinkan, dan menasihati. Pada penelitian ini tindak tutur direktif yang banyak ditemukan ialah tindak tutur direktif menanya. Tindak tutur yang sedikit ditemukan tindak tutur direktif mengizinkan dan menasihati. Novel Harga Sebuah Percaya Karya Tere Liye dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Novel Harga Sebuah Percaya karya Tere Liye telah memenuhi kriteria bahan ajar, yaitu aspek bahasa, aspek psikologi, dan aspek latar belakang budaya.

Keywords:
1. Tindak Tutur Direktif
Authors:
Mutiara Jaurina
How to Cite
Jaurina, M. (2022). Tindak Tutur Direktif pada Novel Harga Sebuah Percaya Karya Tere Liye sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Griya Cendikia, 7(2), 498–513. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i2.308