interferensi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia dalam kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Abung Timur tahun pelajaran 2019/2020.

Published: Aug 1, 2022

Abstract:

Masalah dalam penelitian ini adalah interferensi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Interferensi Bahasa Jawa Ke dalam Bahasa Indonesia dalam Kemampuan Bercerita Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Abung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk guru bahasa Indonesia dan calon pendidik khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengenai bentuk-bentuk interferensi yang terjadi pada siswa sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif adalah metode yang memanfaatkan cara penafsiran dengan menampilkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interferensi jenis fonologis dan morfologis. Ditemukan Interferensi jenis morfologis dalam bentuk prefiks, infiks, sufiks, dan konfiks. Interferrensi yang terjadi antara bahasa Jawa dalam pemakaian bahasa Indonesia disebabkan adanya pertemuan atau persentuhan dari kedua bahasa tersebut.

Kata Kunci: Interferensi, Keterampilan bercerita

Keywords:
1. interferensi bahasa jawa
Authors:
IKA DEWI FATMAWATI
How to Cite
DEWI FATMAWATI, I. (2022). interferensi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia dalam kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Abung Timur tahun pelajaran 2019/2020. Griya Cendikia, 7(2), 361–368. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i2.309