Pengembangan Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Kinemaster pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII Sekolah Mennegah Pertama (SMP) Negeri 3 Kotabumi.

Published: Aug 4, 2022

Abstract:

Penelitian ini yaitu mengenai media pembelajaran yang digunakan guru kurangnya menarik untuk siswa. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab kurangnya minat siswa dalam menguasai materi aritmatika sosial. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk video dengan berbantuan aplikasi KineMaster pada materi aritmatika sosial kelas VII Sekolah Menengah pertama (SMP) 3 Kotabumi. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research & Development (R & D) Sugiyono (2015) yang dibatasi hingga tahap ke-5 saja. Prosedur penelitian dan pengembangan ini mencakup: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Produk yang dihasilkan pada penelitian ini meliputi tahap pembuatan produk, kemudian dilakukan validasi dan revisi produk; (2) Hasil penilaian uji validasi oleh ahli materi adalah 94,5% dengan kriteria “sangat layak”; (3) Hasil penilaian uji validasi oleh ahli media adalah 75,38% dengan kriteria “layak”; (4) Hasil penilaian uji validasi oleh ahli bahasa adalah 94,28% dengan kriteria “sangat layak”; (5) Hasil penilaian uji validasi oleh ahli media adalah 94% dengan kriteria “sangat layak”.

Authors:
Maya Nabila Tambunan Maya
How to Cite
Maya, M. N. T. (2022). Pengembangan Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Kinemaster pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII Sekolah Mennegah Pertama (SMP) Negeri 3 Kotabumi . Griya Cendikia, 7(2), 468–481. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i2.313