Afiksasi Pembentukan Verba dalam Majalah Tempo "Darurat Covid-19" Edisi 23 - 29 Maret 2020 Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas.

Published: Aug 1, 2022

Abstract:

Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah afiksasi pembentukan verba dalam majalah Tempo “Darurat Covid-19” Edisi 23—29 Maret 2020 sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui afiksasi pembentukan verba dalam majalah Tempo “Darurat Covid-19” Edisi 23—29 Maret 2020. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini ditemukan 168 data yang berupa afiksasi pembentukan verba berprefiks me-, ber-, di-, dan ter-. Dari aspek bahan ajar, majalah Tempo “Darurat Covid-19” Edisi 23—29 Maret 2020 telah memenuhi kriteria yang baik sehingga layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar bagi peserta didik di sekolah menengah atas.

Keywords:
1. Afiksasi Pembentukan Verba
2. Tempo
3. edisi Maret 2020
Authors:
1 . Isnaini Nur Hasanah
2 . Sri Widayati
3 . Dewi Ratnaningsih
How to Cite
Nur Hasanah, I., Widayati, S., & Ratnaningsih, D. (2022). Afiksasi Pembentukan Verba dalam Majalah Tempo "Darurat Covid-19" Edisi 23 - 29 Maret 2020 Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Griya Cendikia, 7(2), 383–397. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i2.314