Afiksasi Pembentukan Verba dalam Majalah Tempo "Darurat Covid-19" Edisi 23 - 29 Maret 2020 Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas.
Abstract:
Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah afiksasi pembentukan verba dalam majalah Tempo “Darurat Covid-19” Edisi 23—29 Maret 2020 sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui afiksasi pembentukan verba dalam majalah Tempo “Darurat Covid-19” Edisi 23—29 Maret 2020. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini ditemukan 168 data yang berupa afiksasi pembentukan verba berprefiks me-, ber-, di-, dan ter-. Dari aspek bahan ajar, majalah Tempo “Darurat Covid-19” Edisi 23—29 Maret 2020 telah memenuhi kriteria yang baik sehingga layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar bagi peserta didik di sekolah menengah atas.