STUDENTS’ DIFFICULTIES IN LISTENING COMPREHENSION AT THE THIRD SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF UNIVERSITY MUHAMMADIYAH KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2019/2020

Published: Jul 23, 2021

Abstract:

Penelitian ini membahas tentang kesulitan yang dihadapi mahasiswa semester III dalam pemahaman mendengarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan Kesulitan Mahasiswa Dalam Pemahaman Mendengarkan Pada Semester III Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Kotabumi Lampung Utara Tahun Akademik 2019/2020. Penelitian ini telah dilakukan di Universitas Muhammadiyah Kotabumi Lampung Utara. Populasi penelitian ini merupakan mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Kotabumi Lampung Utara Tahun Akademik 2019/2020. Jumlah populasi adalah 49 siswa dari dua kelas. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih satu kelas yang terdiri dari 24 siswa sebagai mata pelajaran dalam penelitian ini. Data dikumpulkan oleh kuesioner dan wawancara selama mendengarkan digunakan untuk mengkonfirmasi jawaban siswa. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis dan menemukan solusi tentang masalah. Hasil dari menganalisis kesulitan siswa dalam pemahaman mendengarkan menunjukkan bahwa mendengarkan adalah keterampilan yang sangat sulit bagi siswa yang belajar bahasa asing. Berdasarkan data yang dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara ada beberapa masalah dari faktor-faktor yang dihadapi siswa ketika mereka mendengarkan. Di antaranya, kurangnya kosakata, aksen varietas dan buruknya pengetahuan tata bahasa. Peneliti mendapatkan faktor dominan menyebabkan siswa kesulitan dalam mendengarkan pemahaman dengan persentase 91,7% siswa mengatakan selalu. Faktor yang dominan adalah kategori konten teks mendengarkan dengan persentase tertinggi.

Keywords:
1. Listening Comprehension
2. Difficulties
3. Students
Authors:
1 . Agus Toni
2 . Rini Susilowati
3 . Dewi Sartipa
How to Cite
Toni, A., Susilowati, R., & Sartipa, D. (2021). STUDENTS’ DIFFICULTIES IN LISTENING COMPREHENSION AT THE THIRD SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF UNIVERSITY MUHAMMADIYAH KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2019/2020. Griya Cendikia, 6(2), 130–154. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v6i2.92