THE INFLUENCE OF USING HERRINGBONE TECHNIQUE TOWARDS STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF RECOUNT TEXT AT THE EIGHTH GRADE OF MTSN 1 KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2019/2020

Published: Jul 23, 2021

Abstract:

Membaca merupakan hal yang penting bagi siswa untuk mempelajari bahasa. Meski masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami teks berbahasa Inggris. Demi mengatasi masalah dalam proses belajar mengajar kegiatan membaca peneliti menyarankan penggunaan teknik Herringbone sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan siswa. Merujuk pada hal tersenut, penelitian ini bertujuan untuk menemukan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknik Herringbone terhadap kemampuan memahami bacaan teks recount siswa kelas delapan MTSN 1 Kotabumi tahun ajaran 2019/2020. Penelitian quasi experimental ini dilakukan dengan desain non equivalent control group. Populasinya adalah siswa kelas VIII MTSN 1 Kotabumi tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 188 siswa. Sampel yang diambil secara purposif adalah kelas VIII B dengan 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C dengan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui tes, yang kemudian dianalisis melalui independent t-test. Uji hipotesis menunjukan bahwa thitung sebesar 3,096 dan ttabel sebesar 1,999 Hal ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, atau 3,096 > 1,999 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Pada simpulannya dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknik Herringbone terhadap kemampuan memahami bacaan teks recount siswa kelas delapan MTSN 1 Kotabumi tahun ajaran 2019/2020.

Keywords:
1. Herringbone Tehnik
2. Pemahaman Membaca dan Recount Teks
Authors:
Erli Yanty Rihana Paramida
How to Cite
Paramida, E. Y. R. . (2021). THE INFLUENCE OF USING HERRINGBONE TECHNIQUE TOWARDS STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF RECOUNT TEXT AT THE EIGHTH GRADE OF MTSN 1 KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2019/2020. Griya Cendikia, 6(2), 192–200. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v6i2.96