DIRECT AND INDIRECT CORRECTIVE FEEDBACK AND STUDENTS’ DEVELOPMENT IN PARAGRAPH WRITING AT THE SECOND SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF MUHAMMADIYAHUNIVERSITY OF KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2018/2019

Published: Jul 23, 2021

Abstract:

Umpan balik langsung dan tidak langsung adalah cara paling umum dari umpan balik tertulis yang digunakan oleh dosen untuk memperbaiki kesalahan siswa dan meningkatkan keakuratan bahasa siswa dalam tugas tertulis mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis umpan balik korektif yang digunakan dosen dan perkembangan mahasiswa secara tertulis setelah mendapat umpan balik dari dosen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang meneliti 10 mahasiswa semester dua dari program studi pendidikan bahasa Inggris. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tugas menulis siswa dan pedoman wawancara. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen menggunakan dua jenis umpan balik korektif; umpan balik korektif langsung dan tidak langsung. Ditemukan bahwa umpan balik korektif langsung lebih dominan daripada umpan balik korektif tidak langsung seperti yang ditunjukkan 74% untuk umpan balik korektif langsung yang digunakan dan 36% untuk umpan balik korektif tidak langsung. Selain itu, ditemukan pula beberapa perkembangan dari kesepuluh siswa tersebut pada teks tertulis kedua mereka setelah diberikan umpan balik korektif. Selain itu, memberikan umpan balik korektif pada tulisan siswa dapat mengembangkan keterampilan menulis siswa dan memotivasi mereka untuk merevisi dan melakukan yang terbaik dalam menulis.

Keywords:
1. Pengembangan Penulisan
2. Umpan Balik Korektif
3. Umpan Balik Langsung
4. Umpan Balik Tidak Langsung
Authors:
Hanin Afriani Sary
How to Cite
Sary, H. A. . (2021). DIRECT AND INDIRECT CORRECTIVE FEEDBACK AND STUDENTS’ DEVELOPMENT IN PARAGRAPH WRITING AT THE SECOND SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF MUHAMMADIYAHUNIVERSITY OF KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2018/2019. Griya Cendikia, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v6i2.98