THE INFLUENCE OF COLLABORATIVE STRATEGY READING (CSR) TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT AT THE NINTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 10 KOTABUMI

Published: Jul 23, 2021

Abstract:

Membaca merupakan salah satu aspek yang penting bagi siswa di dalam proses pembelajaran. Melalui membaca, siswa dapat menambah pengetahuan yang dimiliki. Meskipun pada kenyataannya, di dalam proses membaca siswa sering sekali menemukan kesulitan seperti memahami makna di dalam suatu teks bacaan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh signifikan Collaborative Strategy Reading (CSR) terhadap pemahaman membaca siswa di dalam teks naratif tingkat kesembilan SMP Negeri 10 Kotabumi tahun ajaran 2019/2020. Penelitian quasi experiment ini dilakukan dengan desain non equivalent control group. Populasinya adalah tingkat kesembilan SMP Negeri 10 Kotabumi yang berjumlah 156 siswa, dan sampel yang diambil secara purposive adalah kelas IX D dengan 31 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B dengan 31 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui tes membaca dengan bentuk pilihan ganda sebanyak 26 butir soal, yang kemudian dilanjutkan dengan dianalisa melalui uji t. Uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,523 dan ttable sebesar 1,671. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttable sehingga diterima dan ditolak. Pada simpulannya dinyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan strategy CSR terhadap pemahaman membaca teks narative siswa kelas sembilan SMP Negeri 10 Kotabumi tahun ajaran 2019/2020.

Keywords:
1. Collaborative Strategy Reading
2. Pemahaman Membaca
3. Naratif Teks
Authors:
Irianto Irianto
How to Cite
Irianto, I. (2021). THE INFLUENCE OF COLLABORATIVE STRATEGY READING (CSR) TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT AT THE NINTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 10 KOTABUMI. Griya Cendikia, 6(2), 225–236. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v6i2.99