EFEKTIVITAS PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN (Studi Di Desa Bumi Raya Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara)

Main Article Content

Abstract

Walaupun sudah dibentuk Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan dalam Mengentaskan Kemiskinan yang bertujuan untuk meningkatan kesejahteraan sosial penduduk miskin sebagai upaya memutus rantai kemiskinan. Akan tetapi  di lapangan yang terjadi justru sebaliknya, karena masyarakat penerima bantuan PKH tersebut tidak mengalami peningkatan terhadap kehidupannya. Untuk itu timbullah pertanyaan mengenai bagaimana program tersebut dilaksanakan dan apakah program tersebut sudah efektiv atau belum.


 


Metode yang dipergunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan normatif dan pendekatan empiris. Yaitu, pendekatan yang dilakukan dengan cara mempelajari kaidah-kaidah hukum yang berlaku kemudian dilakukan lagi penelitian dengan cara langsung turun kelapangan untuk mengumpulkan informasi secara langsung. Jenis data yang dipergunakan yaitu data primer dan sekunder, diperoleh dengan cara studi kepustakaan, dan studi lapangan melalui wawancara dengan para narasumber. Kemudian dianalisis melalui penelitian kualitatif, sehingga dapat ditarik kesimpulan secara induktif dengan menyederhanakan data secara terperinci.


 


Dapat disimpulkan dari hasil penelitian, bahwa peraturan Menteri tersebut belum efektifdalam mengentaskan kemiskinan dikarenakan ketidakrataan sasaran serta ketidaksingkronan data dan dana yang turun ke masyarakat. Karena dalam kehidupan sehari-hari masyarakat masih bergantung kepada pendapatan masing-masing dan kehidupan masyarakat juga tidak mengalami peningkatan, baik dalam sisi kesejahteraan maupun sosial.


 


Kata Kunci    : Penerapan, Program Keluarga Harapan (PKH), Mengentaskan Kemiskinan

Authors:
Finky Anbia
Keywords:
1. penerapan
2. PKH
3. Kemiskinan
Published: Feb 24, 2022

Article Details

Section
Articles