Griya Cendikia

Griya Cendikia (P-ISSN: 2503-3255) is regularly published twice a year in February and August. The procedure starts with the submission process, review, revision, plagiarism check, and finally publish. Griya Cendikia is a journal that contains articles in the form of critical analysis writing, the results of research in the field of education. Regarding Copyrights: (1) The copyright of all journal manuscripts is held by Griya Cendikia; (2) Formal legal provisions for accessing digital articles of electronic journa... Readmore

Griya Cendikia (P-ISSN: 2503-3255) is regularly published twice a year in February and August. The procedure starts with the submission process, review, revision, plagiarism check, and finally publish. Griya Cendikia is a journal that contains articles in the form of critical analysis writing, the results of research in the field of education. Regarding Copyrights: (1) The copyright of all journal manuscripts is held by Griya Cendikia; (2) Formal legal provisions for accessing digital articles of electronic journals are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC-BY), which means that Griya Cendikia Journal has the right to store, transfer media/format, manage in the form of a d... Readmore

ISSN
2503-3255 (printed) | (online)
Published
2022-02-28

Articles

SOSIALISASI VAKSINASI COVID-19 GUNA MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT KELURAHAN SINDANG SARI AKAN PENTINGNYA VAKSINASI COVID-19

Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan penyuluhan sosial atau sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi covid-19 untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Target utama dari program Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah masyarakat atau warga di Kelurahan Sindang Sari karena masih banyak masyarakat disana yang belum dan takut mengikuti vaksinasi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim KKN UMKO 2021 di Kelurahan Sindang Sari untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi dan penerapan 3M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak). Metode pelaksanaan agenda ini berupa sosialisasi. Hasil dari program sosialiasi ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

PENGABDIAN MASYARAKAT MEMBANTU MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA GUNUNG RAJA KECAMATAN SUNGKAI BARAT KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Abstrak  Motivasi belajar pada anak dapat membantu meningkatkan minat dan semangat belajar. Pelaksanaan pembelajaran di tengah masa pandemi Covid-19 cenderung menjadi kendala dalam proses pelaksanaannya. Proses belajar pada anak cenderung dilakukan secara online. Melalui pengamatan lewat pengabdian masyarakat di desa Gunung Raja Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara, belajar online menjadi proses kegiatan belajar yang dirasa kurang efektif, dikarenakan lemahnya sinyal yang ada di daerah tersebut. Hal ini yang menyebabkan anak-anak di desa Gunung Raja Kecamatan Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara cenderung kurang aktif, mengalami kejenuhan dan bosan dalam kegiatan pembelajaran. Khususnya dalam pembelajaran bahasa inggris dimana lingkungan tempat belajar anak menjadi faktor yang kurang mendukung. Oleh karena itu pengabdian masyarakat membantu meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris anak dimasa pandemi Covid-19. Dengan proses pembelajaran yang lebih seru, sehingga mampu menarik minat dan perhatian anak selama proses pembelajar.  Kata kunci : Motivasi, Pembelajaran, Bahasa Inggris.

PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR DENGAN PERTUMBUHAN KANGKUNG DARAT MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK BERBAHAN DASAR KOTORAN KAMBING

Guru sekolah dasar dalam bidang ilmu pengetahuan alam di Kabupaten Lampung Utara memiliki peran untuk menyampaikan materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Dengan demilkian penyampaian materi ini dapat dilaksanakan secara langsung menggunakan metode praktikum. Objek yang digunakan adalah kangkung darat serta pupuk organik berbahan dasar kotoran kambing. Sehingga siswa lebih mudah mencerna materi dan dapat termotivasi untuk gemar bercocok tanam. Hasil dari praktik ini siswa dapat memahami materi pertumbuhan dan perkembangan dibuktikan dengan test lisan yang diberikan oleh guru praktik dilapangan

Pengabdian Masyarakat Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Anak-anak Desa Gunung Raja Di Masa Pandemi Covid 19

Motivasi merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar dan dapat membantu meningkatkan minat semangat belajar. Kuat lemahnya motivasi seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi siswa, kondisi lingkungan, penggunaan metode dan media pembelajaran. Melalui pengamatan lewat pengabdian masyarakat di desa Gunung Raja, Kecamatan Sungkai Barat, Kabupaten Lampung Utara, kegiatan pembelajaran dirasa kurang efektif, dikarenakan kurangnya jam pelajaran yang diterapkan disekolah, hal ini dilatarbelakangi oleh minimnya ruang belajar dan fasilitas belajar disekolah. Program Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk bimbingan belajar ini dilaksanakan atas dasar kerjasama mahasiswa KKN UMKO dengan masyarakat desa Gunung Raja, Kecamatan Sungkai Barat, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung. Metode yang digunakan ialah dengan memberikan bimbingan belajar Brain Mapping kepada anak-anak yang sedang melaksanakan sekolah tatap muka di desa Gunung Raja. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan motivasi belajar anak-anak yang tengah menjalani sekolah tatap muka setelah adanya wabah Covid-19 dan memberi wawasan kepada orang tua siswa mengenai arti penting pendidikan. Hasilnya siswa menjadi semangat belajar dan termotivasi untuk melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi.

PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA SD KELURAHAN KOTA ALAM DI MASA PANDEMI COVID-19 OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KOTABUMI

The Covid-19 pandemic has forced all parts of life to adapt. To prevent the spread of the Corona virus, learning at all levels of schools in Indonesia must be carried out using Distance Learning (PJJ). Most of the students experienced obstacles in this distance learning, for example not understanding the material, not doing assignments straightforwardly, to the inappropriate role of parents in helping students study at home. Therefore, in this activity, learning assistance is provided to students to practice academic skills and master learning objectives even in the midst of the corona virus pandemic, starting from tutoring in reading and counting, doing assignments, reading the Al-Quran and praying, as well as providing material explanations. -School material that has not been understood. The methods used in this assistance are preparation, socialization, and implementation of activities. The results obtained by students are that they can read and count well, are more active in doing all school assignments, better understand learning materials at school and are more accustomed to reading the Qur'an and reciting the Koran.

Bimbingan Belajar Sebagai Upaya untuk Menghindari Learning Loss di Desa Aji Kagungan Kecamatan Abung Kunang, Kotabumi Lampung Utara

Pandemi Covid-19 menjadi momok bagi masyarakat. Indonesia menjadi salah satu negara yang merasakan dampaknya. Segala bentuk kegiatan tidak luput dari pembatasan bahkan penghentian. Kegiatan pembelajaran di sekolah pun terpaksa dibatasi dan belajar secara daring (dalam jaringan), begitu pun yang terjadi di Desa Aji Kagungan. Dikhawatirkan jika terus berlanjut maka akan terjadi learning loss. Beberapa anak mengalami kendala dalam melaksanakan pembelajaran secara online. Oleh sebab itu, mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Kotabumi mengadakan program bimbingan belajar bahasa Inggris dan bimbingan membaca dan menulis dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan pendampingan. Pembelajaran dibuat semenarik mungkin agar siswa belajar dengan cara yang menyenangkan. Hasil dari kegiatan KKN di Desa Aji Kagungan, Kecamatan Abung Kunang Kotabumi Lampung Utara, yaitu siswa terbantu dengan pemahaman tugas-tugas sekolah, terbantu dengan belajar membaca dan menulis. Selain itu, bagi siswa yang tidak mendapatkan mata pelajaran bahasa Inggris  di sekolahnya  mengetahui  dasar-dasar bahasa Inggris  dari mahasiswa KKN.                                                                                     Kata Kunci: Pendampingan, Bimbingan Belajar, Learning Loss

Indexer Sites