Abdimas Cendekia

Abdimas Cendekia is a journal that collects articles related to the implementation of community service. This journal is published twice a year, in May and October. Abdimas Cendekia is published by the Center for Intellectual Property and Scientific Publications, University of Muhammadiyah Kotabumi. The editor invites academics and practitioners (universities, government, non-governmental organizations, etc.) to submit their articles to the Abdimas Cendekia journal.

Readmore

Current Issue

Abdimas Cendekia is a journal that collects articles related to the implementation of community service. This journal is published twice a year, in May and October. Abdimas Cendekia is published by the Center for Intellectual Property and Scientific Publications, University of Muhammadiyah Kotabumi. The editor invites academics and practitioners (universities, government, non-governmental organizations, etc.) to submit their articles to the Abdimas Cendekia journal.

Readmore
Published
2023-10-31

Articles

PENINGKATAN PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM MENJAGA KEAMANAN MELALUI SISKAMLING DI KELURAHAN SRIBASUKI

Pendahuluan, metode penelitian, pembahasan

Lingkunga yang aman akan menciptakan ketentraman dalam kehidupan bagi seluruh warga atau masyarakat dimanapun berada. Oleh karenanya rasa aman merupakan hal yang penting bagi kehidupan masyarakat karena rasa aman merupakan bagian dari kebutuhan hidup setiap manusia. Di dalam konstitusi negara Republik Indonesia telah menjamin bahwasannya setiap orang berhak atas rasa aman,  namun rasa aman dalam kehidupan bermasyarakat tidak dapat tercipta dengan sendirinya, dibutuhkan peran serta dari seluruh lapisan masyarakat untuk menciptakan rasa aman tersebut. Kepedulian dari seluruh masyarakat sangatlah penting dalam menciptakan keamanan, karna untuk menciptakan keamanan kita tidak dapat mengandalkan aparat saja, mengingat jumlah aparat yang terbatas. Aparat keamanan memang merupakan kekuatan utama dalam hal pertahanan dan keamanan, sedangkan rakyat merupakan kekuatan pendukung. Oleh karena penting bagi kita untuk menumbuhkan rasa kepedulian pada masyarakat agar dapat berperan serta dalam menciptakan keamanan lingkungan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis merasa perlu memotivasi masyarakat khususnya di ke Kelurahan Sribasuki melalui penyuluhan. Terpilihnya lokasi Kelurahan Sribasuki karena  berdasarkan keterangan dari Bapak Marido Najaya, S.E., selaku Lurah Sribasuki bahwa masih sering terjadi tindak kejahatan di wilayahnya.  Kelurahan Sribasuki..adalah salah satu kelurahan dari Sembilan kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara. Kata Kunci : Sistem keamanan, Lingkungan, Masyarakat

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DAN PENGETAHUAN TENTANG HUKUM DI DESA CURUP GURUH KAGUNGAN

Law is a rule or rule that binds or regulates society. Law is something that is closely related to human life which refers to the most important system in implementing law enforcement. Various attempts were made to overcome the problems that occurred, one of which was throught a legal counseling in the 2023 UMKO Knowledge Transfer KKN activities. Legal counseling is is a form of student contribution in the field of community service. Community service activities aim as a means for student to channel their concern for the people of Curup Guruh Kagungan Village so that they realize how important law is social life. The purpose of this activity is to help the community understand more about land rights and the importance of law for sicial life. This activity involved the people of Curup Guruh Kagungan Village from various allinces. The implementation of this legal counseling activity was carried out directly at the Curup Guruh Kagungan Village Hall. The result of this legal counseling activity were seen from the Curup Guruh Kagungan village community understoot or absobed the material presented by the two informants and the Curup Guruh Kagungan village community who asked about land rights and the importance of law to the spekeers.

PELATIHAN TEKNIK PEMBUATAN ARTIKEL ILMIAH DAN POLA PEMBELAJARAN MAHASISWA DI ERA 4.0

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa terkait teknik pembuatan artikel ilmiah dan pola pembelajaran mahasiswa di era 4.0. Pelatihan dilakukan pada 14 Oktober 2023 di Program Studi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Curup. Jumlah perserta pelatihan sebanyak 34 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket tertutup yang terdiri dari 20 item yang berupa pernyataan-pernyataan positif terkait kegiatan pelatihan secara umum dan juga terkait materi teknik pembuatan artikel ilmiah dan pola pembelajaran mahasiswa di era 4.0. Masing-masing item diberi 4 pilihan jawaban yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis respon peserta terkait kegiatan pelatihan yang telah dilakukan dilihat dari data yang diperoleh yang diolah ke dalam bentuk persentase. Persentase diperoleh berdasarkan perhitungan Skala Likert yang dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% item pernyataan yang dimuat di dalam angket respon memperoleh jawaban dengan kategori tertinggi yaitu sangat setuju. Jadi, dapat disimpulan bahwa semua peserta menganggap pelatihan ini positif dan dari pelatihan ini peserta mendapatkan pemahaman yang lebih baik teknik pembuatan artikel ilmiah dan pola pembelajaran mahasiswa di era 4.0.

PELATIHAN WIRAUSAHA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI DESA MADUKORO KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Masyarakat desa Madukoro Kecamatan Kotabumi Lampung Utara mata pencarian utamanya adalah wirausaha dan dalam pemasaran produknya masih mengandalakan sistem konvensional sehingga perlu diadakan pelatihan wirausaha berbasis teknologi informasi yang menitik beratkan pada keterampilan peserta dalam memasarkan produk ataupun jasa lebih luas lagi. Pada pelatihan ini jumlah peserta sebanyak 20 orang dan dibantu mahasiswa sebanyak 10 orang serta menggunakan platform Tokopedia dan Shopee sebagai media dalam memasarkan produk, peserta begitu antusias selama mengikuti pelatihan ini dan hasil evaluasi menunjukan bahwa masih banyak peserta yang belum menggunakan media pemasaran secara online, harapannya dari pelatihan ini peserta dapat merambah pangsa pasar yang lebih luas sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian desa Madukoro itu sendiri.

PEMBERDAYAAN DALAM MENINGKATKAN PROSES PENDIDIKAN, KEAGAMAAN, PERTANIAN, DAN PETERNAKAN SEBAGAI PENGABDIAN MASYARAKAT DESA RATU ABUNG

Kuliah Kerja Nyata (KKN) telah dilaksanakan di Desa Ratu Abung, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara selama 32 Hari dimulai pada tanggal 31 Januari sampai dengan 3 Maret 2023. Desa Ratu Abung merupakan desa yang dipilih menjadi desa tujuan KKN. Potensi desa yang berlimpah menjadi pilihan Mahasiswa untuk dapat melaksanakan program meningkatkan mutu pendidikan, keagamaan, pertanian, peternakan, ekonomi dan kesehatan setempat. Program-progarm dirancang berurutan mulai dengan diskusi antar kelompok KKN, aparat desa, serta masyarakat setempat, khususnya yang bersinggungan langsung dengan program-program yang dirancang. Pelaksanaan program KKN dilakukan secara seimbang diawali dengan perencanaan, pelaksanaa, serta evaluasi di akhir setiap program. Hasil yang dicapai dari keseluruhan program KKN diantaranya Sosialisasi, Kunjungan, Pengajian, Mengajar Les, Mengajar Ekskul, Sosialisasi dan Praktikum Pembuatan Pupuk kompos dan pakan ternak.

PENDIDIKAN AL ISLAM GUNA MENCEGAH KENAKALAN REMAJA DI DESA ABUNG JAYO

Real Work Lectures (KKN) are a form of community service by holding socialization and mentoring activities with the community as a means of increasing knowledge. Abung Jayo Village is one of the villages selected to implement KKN Transfer Knowledge. Implementation of the Knowledge Transfer KKN program begins with planning, implementation and evaluation at the end of each program. The results achieved from the entire KKN program include Socialization, Visits, Recitations, Tutoring, TPQ Teaching, and Socialization about Juvenile Delinquency.

Peningkatan Komunikasi Efektif : Memaksimalkan Potensi dan Memperkuat Sinergi di OSIS SMA Bina Mulya Gadingrejo

Peningkatan Komunikasi Efektif : Memaksimalkan Potensi dan Memperkuat Sinergi di OSIS SMA Bina Mulya Gadingrejo

Organisasi adalah wadah yang diciptakan oleh masyarakat untuk mengembangkan potensi diri, peningkatan keterampilan dalam memecahkan masalah dan lain sebagainya. Sebagai upaya dalam mencapai tujuan tersebut diperlukan sebuah proses komunikasi yang efektif. Latar belakang yang berbeda-beda antar anggota organsiasi beresiko menimbulkan kesalah pahaman atau bahkan mengarah kepada hal yang lebih buruk yaitu perpecahan dalam organisasi. Akibatnya tujuan organisasi akan terhambat atau bahkan tidak dapat tercapai. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahun, pemahaman dan keterampilan komunikasi yang efektif dalam berogransiasi agar potensi dan sinergi yang ada di dalam organisasi dapat dimaksimalkan. Pendekatan komunikasi persuasif dengan teknik asosiasi dan integrasi digunakan dalam  kegiatan ini. Hasilnya, para peserta dapat mengerti dan memahami pentingnya komunikasi mulai dari tujuan, fungsi, peran, alur komunikasi dan strategi komunikasi yang efektif dalam berogranisasi.

Indexer Sites