Griya Cendikia

Griya Cendikia (P-ISSN: 2503-3255) secara rutin terbit dua kali dalam setahun pada bulan April dan September. Prosedurnya dimulai dari proses pengajuan, review, revisi, cek plagiarisme, dan terakhir publish. Griya Cendikia merupakan jurnal yang memuat artikel berupa tulisan analisis kritis, hasil penelitian di bidang pendidikan. Terkait Hak Cipta: (1) Hak cipta seluruh manuskrip jurnal dipegang oleh Griya Cendikia; (2) Ketentuan hukum formal untuk mengakses artikel digital jurnal elektronik tunduk pada ketentuan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC-BY), yang berarti Jurnal Griya Cendikia berhak menyimpan, mentransfer media/format, mengelola dalam bentuk database, memelihara, dan mempublikasikan artikel; (3) Naskah yang diterbitkan baik cetak maupun elektronik bersifat open access untuk kepentingan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain itu, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hukum hak cipta.

 

Current Issue

Articles

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SOSIAL SEBAGAI MEDIA BELAJAR UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD NEGERI KELAS V KOTABUMI UTARA

Social science of learning is learning that relates to the environment around students both at home, at school, and in the community. This research was conducted because it saw the reality in the field that learning outcomes were still low. Learning  patterns are still conventional, while student activities only record what is explained by the teacher. Researchers apply a learning method approach by utilizing the social environment and various media so that the learning process is more meaningful and improves learning outcomes by means of self-reflective inquiry or researchers start reflection which is carried out in 3 learning cycles. Each  cycle consists of planning, action and reflection, and responses to student learning outcomes, which are obtained from peers and become observers during the cycle. The results showed that: (1) in the first cycle student learning activities increased by 30%, then in the second cycle increased again by 60%, finally in the third cycle student activities reached 90%. Likewise, student learning outcomes also increased in the first cycle an average of 61.87%, in the second cycle an average of 67.82 %, and in the third cycle an average of 78.75 %. Thus  the social environment directly as much as 78.75%. (2) Through  a learning strategy by inviting students to a natural laboratory directly in the environment, it is able to improve learning outcomes. Student  activity increased by 60%, in the second cycle, in the third cycle it increased by 90%. The  increase in student activity was followed by an average increase of 5.59% in the second cycle, increasing again in the third cycle of 10.93%.
Eny Munisah, Dewi Sartipa

Sinonim Nomina dan Adjektiva pada Dialek O Bahasa Lampung

Abstrak Bahasa Lampung memiliki dua dialek yaitu dialek A dan dialek O. Dialek bahasa Lampung dialek O berbeda dengan dialek A. Sangat terlihat pada pengucapan  atau pelafalan dalam dialek Bahasa Lampung Abung. Dialek bahasa Lampung Abung memiliki sinonim nomina dan sinonim adjektiva. Sinonim Nomina adalah kata benda. Sinonim Adjektiva adalah kata sifat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat beberapa wujud sinonim nomina dan adjektiva bahasa Lampung Abung. Sinonim nomina pada dialek Bahasa Lampung Abung berjumlah 14 data. Sedangkan sinonim adjektiva pada dialek Bahasa Lampung Abung berjumlah 14 data. Dengan demikian, penelitian ini dapat menambah daftar kosakata sinonim dialek Bahasa Lampung yang jarang ditemui dalam dialek Bahasa Lampung lainnya.   Kata Kunci: Dialek O, Sinonim Nomina, dan Sinonim Adjektiva
Ade Hengky, Dewi Ratnaningsih

ANALISIS NILAI HUMANISME PADA NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU KARYA TERE LIYE SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Permasalahan pada penelitian ini, ialah nilai humanisme dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye sebagai alaternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan nilai humanisme yang terdapat pada novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah untuk metode deskriptif dengan pendekatan kualiatatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai humanisme dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu,yaitu 1) menghargai pendapat orang lain, 2) kerja sama, 3) rela berkorban, 4) peduli terhadap orang lain, 5) tolong-menolong, dan 6) solidaritas. Berdasarkan kriteria pemilihan bahan ajar, novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye dapat dijadikan alternatif bahan ajar bahasa Indonesia yang berkaitan dengan pembelajaran sastra karena telah memenuhi kriteria pada aspek bahasa, aspek psikologis, dan aspek latar belakang budaya.
Agustina Agustina

The Accuracy of Simple Present Tense In Students’ Writing Descriptive Text At Tenth Grade of Smk Kesehatan Cendikia Husada Academic Year 2020/2021

Abstract The accuracy of simple present tense is the purpose of learning simple present tense which intends to train students in writing and speech that necessary. However, many students are confused in using simple present grammar. The research aims to investigate types of error and to investigate the extent of accuracy of simple present tense in writing descriptive text. The instrument used was a written test in which students were asked to write a descriptive text with the theme "My shoes". The analysis uses surface strategy taxonomy by determining the types of omission, addition, misformation, and misordering. Finding the level of accuracy, the researcher used an agreement from the simple present tense grammar which includes subject-verb agreement, verb-verb agreement, and verb-time agreement. Then, data obtained 30% omission, 11.25% addition, 50% misformation, and 8.75% misordering, errors in the simple present tense agreement, namely 98.9% subject-verb agreement, 0% verb-verb agreement, and 1.1% verb-time agreement. So the data obtained subject-verb agreement as to the most agreement error and misformation became the most error of the four types of errors. From these data, the average level of accuracy of simple present tense in writing descriptive text was 61% while the error rate was 39%.      
Angga Tumingan

The Correlation Between Students Visual Learning Styles and Reading Comprehension of The Eight Grade Students of MTs 2 Kotabumi Academic Year 2020/2021

Reading comprehension is how person can understand sentences in the context of the text being studied. Students who are able to read and understand the contents of a text as a whole mean that students understand the intent and purpose of the text. But in fact, there are still many students who do not understand reading comprehension due to several problems, one of them is that the teacher pay less attention students characteristics in learning, one of them is learning styles. There are some learning styles that are visual learning styles, auditory learning styles, and kinesthetic learning styles. In this research researcher only focus in visual learning styles. The purpose of this research to find out whether or not there is the correlation between students visual learning styles and reading comprehensio of The Eight Grade Students of MTs N 2 Kotabumi Academic Year 2020/2021. This research had two variables, they were independent variable (X) which was students’ visual learning styles and dependent variable (Y) was reading comprehension. The research used a proportional random sampling technique. The research conducted by the researcher at MTs 2 Kotabumi with a population of all eighth grade students at Mts N 2 Kotabumi, totaling 162 students. The total sample of this research was 32 students. Values ​​for visual learning styles and reading comprehension were taken from questionnaires and multiple choice questions distributed through the Google Form application. The result is from the correlation coefficient value (0.554), which is greater than rtable (0.349) with a significance level of 5% (0.05). It means that there is significant correlation between students visual learning styles and reading comprehension. Membaca pemahaman adalah bagaimana seseorang dapat memahami kalimat dalam konteks teks yang dipelajari. Siswa yang mampu membaca dan memahami isi suatu teks secara keseluruhan berarti siswa tersebut memahami maksud dan tujuan dari teks tersebut. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang kurang memahami membaca pemahaman karena beberapa permasalahan, salah satunya guru kurang memperhatikan karakteristik siswa dalam pembelajaran, salah satunya adalah gaya belajar. Ada beberapa gaya belajar yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik. Dalam penelitian ini peneliti hanya fokus pada gaya belajar visual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan gaya belajar visual siswa dengan pemahaman membaca siswa kelas VIII MTs N 2 Kotabumi Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini memiliki dua variabel, yaitu variabel bebas (X) yaitu gaya belajar visual siswa dan variabel terikat (Y) adalah pemahaman bacaan. Penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling. Penelitian yang dilakukan peneliti di MTs 2 Kotabumi dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di MTs N 2 Kotabumi yang berjumlah 162 siswa. Jumlah sampel penelitian ini adalah 32 siswa. Nilai gaya belajar visual dan pemahaman bacaan diambil dari angket dan soal pilihan ganda yang disebarkan melalui aplikasi Google Form. Hasil tersebut diperoleh dari nilai koefisien korelasi (0,554) yang lebih besar dari rtabel (0,349) dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Artinya ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar visual siswa dengan pemahaman bacaan.
Annisa Ica

Analisis Kesalahan Ejaan pada Tugas Surat Lamaran Pekerjaan Siswa Kelas XII SMK Bhakti Angkasa 3 Abung Semuli Tahun Pelajaran 2020/2021

Penelitian ini terkait kesalahan penulisan ejaan huruf kapital, tanda baca, dan kata depan pada surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMK Bhakti Angkasa 3 Abung Semuli tahun pelajaran 2020/2021. Rumusan masalah pada penelitian ini , yaitu bagaimanakah kesalahan penulisan huruf kapital, tanda baca, dan kata depan pada surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII SMK Bhakti Angkasa 3 Abung Semuli tahun pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan ejaan yang dituliskan oleh siswa dalam surat lamaran pekerjaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menguraikan hasil dalam bentuk kata-kata. Dalam penelitian ini terdapat 36 surat lamaran pekerjaan yang dijadikan sebagai sumber data. Hasil penelitian yang dilakukan ditemukan 66 data. Data tersebut terdiri dari 40 kesalahan penulisan huruf kapital, 24 kesalahan penulisan tanda baca, dan 2 kesalahan penulisan kata depan.
A Cahyani Ade S Cahyani

THE USE OF LEARNING SPEAKING STRATEGIES BY MALE AND FEMALE STUDENTS OF THE FIFTH SEMESTER ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM IN MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF KOTABUMI

Speaking is a natural ability possessed by every human being. Speaking is seen as a necessary positive personal characteristic. In speaking, there are several types including imitative, intensive, responsive, interactive and extensive, this type is one of the things that can support the ability to learn and speak in English. This is what makes researchers interested in raising the title of the study to find out what strategies are used by male and female when speaking. This study uses a qualitative research method by taking six students of the 5th semester English education study program class 2019 Muhammadiyah University of Kotabumi, three males and three females. Researchers used triangulation techniques, namely, observation, interview and questionnaire. Data analysis was carried out in several stages, namely, translating data, reducing data, displaying data, and drawing conclusions. The results showed that the researchers found differences in the strategies used by male and female students in the process of learning English. Male students use more metacognitive strategies to improve learning abilities and scores than female students, male students also do not use affective strategies in the learning process due to the ineffectiveness of these strategies. While female students use affective strategies in their learning process. On the other hand there are similarities in the use of strategies in learning but the lack of application and training so that there are differences in abilities and results obtained by each student.
Arif Prasetyo Wibowo Arif

A DESCRIPTIVE STUDY OF STUDENTS LEARNING STYLE IN ONLINE ENGLISH LEARNING AT THE FIFTH SEMESTER ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM IN MUHAMMADIYAH KOTABUMI UNIVERSITY ACADEMIC YEAR 2021/2022

Learning Style in Online Learning

Online learning is a distance learning process without meeting face to face in a study room, so that the delivery of material uses electronic media and the internet as access in the learning process. In the learning process there are several factors that affect the effectiveness in the learning process, one of which is learning styles namely, visual, auditory, and kinesthetic. Therefore, this study aims to determine what types of learning styles are used by students in online English learning and what the dominant types of students’ learning style. This research uses quantitative descriptive research, and a population of 41 students at the fifth semester of English Education Study Program, Muhammadiyah Kotabumi University academic year 2021/2022. The sample is taken from the entire population data using a total sampling technique. In collecting data, the researcher used a closed questionnaire with a Likert scale. Based on the results of data analysis using statistical data analysis methods consisting of the mean, median, mode and standard deviation, the results showed that in online English learning process students have visual learning styles were 10 students (24.4%), auditory learning styles were 6 students (14.6%), kinesthetic learning styles were 15 students (36.6%). Also found that there was a variation of learning styles between two learning styles, namely, visual-auditory (7.3%), visual-kinesthetic as many as 3 students (7.3%) and auditory learning styles as many as 4 students (9.8%). In addition, the dominant type of learning style used by students in online English learning at the fifth semester English Education study program in Muhammadiyah Kotabumi University academic year 2021/2022, is the kinesthetic learning style with 15 students (36.6%).
Armi Sugitriyani Armi

Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Pembelajaran Daring Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Utara Tahun Ajaran 2021/2022

Abstract This study aims to determine whether there is a relationship between learning discipline and mathematics learning achievement in online learning of social arithmetic material for seventh grade students of Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 North Lampung. This research is quantitative descriptive. The population in this study were seventh grade students of Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 North Lampung with a total of 63 students. The sample used was calculated using the Slovin formula for 27 students. The data collection technique used a learning achievement test for straight-line equations ( = 0.744), and learning discipline (  = 0.906). Before testing the hypothesis, the normality test was carried out using the Lilliefors test and homogeneity using the Bartlett test. The results showed that there was a relationship between learning discipline and learning achievement in social arithmetic material with a correlation coefficient ( ) of 0.549 ( =0.549 > = 0.381) Keywords: Learning Discipline, Learning Achievement, Social Arithmetic Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat tidaknya hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar matematika pada pembelajaran daring materi aritmatika sosial siswa kelas VII Mts negeri 1 lampung utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas VII madrasah tsanawiyah negeri 1 lampung utara dengan jumlah 63 siswa. Sampel yang digunakan dari hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin 27 murid. Teknik pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar materi persamaan garis lurus (  = 0,744), dan kedisiplinan belajar (  = 0,906). Sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar materi aritmatika sosial dengan koefisien korelasi  sebesar 0,549   = 0,381) Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar, Aritmatika sosial
aryanti yanti

AN ANALYSIS OF STUDENTS ERROR IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT AT THE NINTH GRADE OF SMPN 07 KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2020/2021

Abstract Writing is one skill that should be learned by the students. Writing is activity that make the students exploring the thoughts and ideas. Descriptive text is a text that describes the characteristics of a certain person, thing, or place. Descriptive text is used to describe a particular person, place or thing. The structure of the text are: identification (identify the phenomenon to be described) and description (describe the parts, characteristics and characteristics). The researcher found some problems related to the students’ errors in writing descriptive text at ninth grade students of SMPN 07 Kotabumi North Lampung. The purpose of the research were to find out what kinds of errors employed by the students in writing descriptive text and  to find what are the most dominant errors made by the students. In collecting the data, the researcher assigned the ninth grade Students (class IX B) of SMPN 07 Kotabumi North Lampung to arrange descriptive text writing based on the guidelines given. There were four topic, they were people, animals, fruits and things. The percentages of the errors were done by the students at ninth grade SMPN 07 Kotabumi North Lampung in writing descriptive text based on surface strategy taxonomy: 20 items or 20% of omission errors, 7 items or 10% of addition errors, 53 items or 55% of misformation errors, 12 or 15% of misordering errors. Based on explanation above it can be concluded that the  highest error was done by the students at the students at the ninth grade SMPN 07 Kotabumi North Lampung in writing descriptive text was misformation errors which covered 53 of misformation errors or 55% of the total errors. The lowest error was addition error or 10% (7 items) of total errors. Keyword: Writing error, Descriptive text, Surface Strategy Taxonomy Abstrak Menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dipelajari oleh siswa. Menulis adalah kegiatan yang membuat siswa menggali pikiran dan gagasan. Deskriptif teks menulis adalah teks yang menggambarkan ciri-ciri seseorang, sesuatu, atau tempat tertentu teks deskriptif adalah tulisan untuk menggambarkan orang, tempat atau benda tertentu. Struktur teks tersebut adalah: identifikasi (mengidentifikasi fenomena yang akan dideskripsikan) dan deskripsi (mendeskripsikan bagian-bagian, sifat dan ciri). Peneliti menemukan beberapa masalah terkait dengan kesalahan siswa dalam menulis teks deskriptif pada siswa kelas IX SMPN 07 Kotabumi Lampung Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan apa yang dilakukan oleh siswa dalam menulis teks deskriptif dan untuk menemukan kesalahan apa yang paling dominan dilakukan oleh siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menugaskan siswa kelas  IX (kelas IX B) SMPN 07 Kotabumi Lampung Utara untuk menyusun teks deskriptif berdasarkan pedoman yang diberikan. Ada empat topik: manusia, hewan, buah-buahan, dan benda. Persentase kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas IX SMPN 07 Kotabumi Lampung Utara dalam menulis teks deskriptif berbasis taksonomi strategi permukaan: 45 item atau 25% kesalahan penghilangan, 26 item atau 15% kesalahan penambahan, 89 item atau 50 % kesalahan salah formasi, 18 atau 10% kesalahan salah urut. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kesalahan tertinggi yang dilakukan siswa pada siswa kelas IX SMPN 07 Kotabumi Lampung Utara dalam menulis teks deskriptif adalah kesalahan salah formasi yang mencakup 89 kesalahan salah formasi atau 50% dari total kesalahan. Error yang paling rendah adalah error misordering atau  10% dari total error. Keyword: Kesalahan menulis, Teks Deskriptif,Surface Strategy Taxonomy.
Azep Maulana Azep Maulana

THE CORRELATION BETWEEN LEARNING STYLE AND STUDENTS’ VOCABULARY SIZE OF THE TENTH GRADE OF SMA KEMALA BHAYANGKARI KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2020/2021

The lack of vocabulary size can affect their responsiveness to the material presented by the teacher in the learning process. In this case the right learning style is very important to increase the size of students' vocabulary in the learning process. If students have appropriate learning styles in learning, they will be interested in understanding each vocabulary in the learning process. The objective of this research to determine whether there is significant correlation between learning style and students' vocabulary size of the tenth grade of SMA Kemala Bhayangkari Kotabumi academic year 2020/2021. This research is a descriptive correlational research. This research uses a proportional random sampling technique to determine the sample in this research. The total sample of this research was 30 students. The population in this research consist of 86 students. The instruments used to collect the data were a multiple choice test and questionnaire of learning style. After collected data, it it was analyzed by Product Moment formula, and the results of statistical data analysis of this research was  ≥  which is 0,913 ≥ 0,361 (30) (0,05). The researcher used T-test to know the significant of the correlation. The result of this research showed  is grather than  which is 11,819 ≥ 1,697, it means that there is significant significant correlation between learning style and students' vocabulary size of the tenth grade of SMA Kemala Bhayangkari Kotabumi academic year 2020/2021.
Bagas Prasojo

Demotivating Factors on Students'Speaking of the Fourth Year Students of English Education Study Program of Muhammadiyah Kotabumi University

Abstract: Students demotivation is a study which is rarely to be researched. Demotivation is decreasing the basis of motivation. It is caused by students do not motive to do something and to fulfill a specific activity. One of the reasons of students demotivation in speaking English is teaching speaking. The purpose of this study was to describe the biggest demotivating factors on students speaking of the fourth-year students of English Education Study Program of Muhammadiyah Kotabumi University. The research method used in this study is descriptive quantitative method. The data from this study were taken from the results of questionnaire. The results of this study is the biggest demotivating factors on students speaking are lack of self-confidence to speak English in classroom with 100% of students who chose this statement. Secondly, expecting to use (or speak and write) grammatically correct English with 96% of students who chose this statement. Lastly, the lecturer assign to read a great number of textbooks and supplementary readers with 92% of students who chose this statement. It is very important for the lecturer and students to know these demotivating factors due to improve students speaking English skill.
Cahyo Nugroho

PENERAPAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH

Dalam penelitian ini dibahas penerapan keterampilan membaca pada siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan membaca siswa berkebutuhan khusus di sekolah. Membaca merupakan suatu kegiatan untuk mendapatkan suatu informasi melalui tulisan. Kegiatan membaca biasa dipelajari oleh siswa secara umum dan siswa yang mengalami kebutuhan khusus. anak yang mengalami gangguan atau berkebutuhan khusus dapat dilihat dari segi fisik, psikis, moral dan sosial. Jenis-jenis anak berkebutuhan khusus yang ada di Indonesia meliputi, anak tuna netra, rungu, grahita, daksa, laras dan autisme. Misalnya saja anak yang mengalami gangguan/kelainan yang berkaitan dengan indra penglihatan perlu menggunakan alat bantu huruf braile untuk memudahkan proses pembelajaran di sekolah pada keterampilan membaca dalam bahasa Indonesia.
Citra Altyna

Analisis Afiksasi Pembentukan Verba dalam Makaah Tugas Kelompok Mata Kuliah Psikolinguistik Mahasiswa Semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Kotabumi Tahun Akademik 2020/2021

Masalah dalam penelitian ini adalah afiksasi pembentukan verba dalammakalah tugas kelompok mata kuliah Psikolinguistik mahasiswa semester VIIProgram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Kotabumi tahun akademik 2020/2021. Proses pembentukan kata dapat dilakukan dengan menambahkan afiks pada kata dasar. Proses penambahan afiks pada kata dasar atau proses pembentukan kata melalui afiksasi dapat mengubah makna dan kelas kata. Afiksasi yang tidak tepat dapat mengubah makna dan kalimat menjadi tidak efektif. Oleh karena itu, afiksasi sangat penting dan memerlukan ketelitian. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan afiksasi pembentukan verba dalammakalah tugas kelompok mata kuliah Psikolinguistik mahasiswa semester VIIProgram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Kotabumi tahun akademik 2020/2021.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa dalam makalah tugas kelompok mata kuliah Psikolinguistik terdapat enam jenis afiks pembentuk verba, yaitu verba berprefiks ber-, verba berprefiks meng-, verba berprefiks di-, verba berprefiks  ter-, verba bersufiks -kan, dan verba bersufiks –i. Simpulan hasil penelitian yang dilakukan mengenai afiksasi pembentukan verba, yaitu terdapat 82 data yang relevan dengan teori afiksasi pembentukan verba yang dikemukakan oleh Moeliono, yaitu prefiks ber-, prefiks meng-, prefiks di-, prefiks ter-, sufiks –kan, dan sufiks –i,. Verba berprefiks ber-ditemukan 16 data, verba berprefiks meng-31 data, verba berprefiks di-16, verba berprefiks ter-13 data, verba bersufiks –kan5 data, dan verba bersufiks –i1 data. Masalah dalam penelitian ini adalah afiksasi pembentukan verba dalammakalah tugas kelompok mata kuliah Psikolinguistik mahasiswa semester VIIProgram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Kotabumi tahun akademik 2020/2021. Proses pembentukan kata dapat dilakukan dengan menambahkan afiks pada kata dasar. Proses penambahan afiks pada kata dasar atau proses pembentukan kata melalui afiksasi dapat mengubah makna dan kelas kata. Afiksasi yang tidak tepat dapat mengubah makna dan kalimat menjadi tidak efektif. Oleh karena itu, afiksasi sangat penting dan memerlukan ketelitian. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan afiksasi pembentukan verba dalammakalah tugas kelompok mata kuliah Psikolinguistik mahasiswa semester VIIProgram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Kotabumi tahun akademik 2020/2021.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa dalam makalah tugas kelompok mata kuliah Psikolinguistik terdapat enam jenis afiks pembentuk verba, yaitu verba berprefiks ber-, verba berprefiks meng-, verba berprefiks di-, verba berprefiks ter-, verba bersufiks -kan, dan verba bersufiks –i. Simpulan hasil penelitian yang dilakukan mengenai afiksasi pembentukan verba, yaitu terdapat 82 data yang relevan dengan teori afiksasi pembentukan verba yang dikemukakan oleh Moeliono, yaitu prefiks ber-, prefiks meng-, prefiks di-, prefiks ter-, sufiks –kan, dan sufiks –i,. Verba berprefiks ber-ditemukan 16 data, verba berprefiks meng-31 data, verba berprefiks di-16, verba berprefiks ter-13 data, verba bersufiks –kan5 data, dan verba bersufiks –i1 data.
Debby Antika

The Correlation Between Students’ Pronunciation and Their Speaking Ability of the Eighth Grade in SMPN 07 Kotabumi Academic Year 2021/2022

Pronunciation is the sound of production words used by someone to communicate creates, and conveys meaning with others. It is useful for the listeners to understand a suitable flow in communication. However, when the researcher had done observation at the eighth grade of SMP Negeri 7 Kotabumi, the researcher found that some of the students have low ability in speaking ability. The purpose of this research is to investigate whether there is significant correlation between students' pronunciation mastery and their speaking ability of the eighth grade in SMP N 7 Kotabumi academic year 2021/2022. The population in this research was eight classes of the eighth grade in SMPN 07 Kotabumi which consist of 256 students. The instrument used to collect the data of pronunciation mastery and speaking ability were an oral test. After collected data, it was analyzed by pearson product moment, and the results of statistical data analysis of this research was robserved > rtable (32) (0.05) or 0,923 > 0,349, and tobserved is greater than ttable (32-2) (0.05) or 13.108> 1.694, this indicate that there is significant correlation between students' pronunciation mastery and their speaking ability of the eighth grade in SMP N 7 Kotabumi academic year 2021/2022.
Desi Ariyanti

An Analysis of Students’ Difficulties in Understanding Simple Present Tense at Tenth Grade Student’s Marketing SMKN 2 Kotabumi

Simple present tense is part of the basic tense that must be mastered by students in learning English if students do not fully understand the simple present tense material, it can result in the achievement of learning outcomes. present tense and the most dominant difficulties experienced by students in understanding the simple present tense. This study uses a qualitative descriptive method which aims to determine the difficulties of students in understanding the simple present tense and to find out the most dominant difficulties experienced by students of class X marketing at SMKN 2 Kotabumi. The data collection in this study was a questionnaire as the main data and follow-up interviews as supporting data. There are 8 students who are the object of research in data collection for marketing students in class X. The results showed that there were 4 aspects of students' difficulties in understanding the simple present tense, including concepts, functions, patterns, and time signals of the simple present tense. The most dominant difficulty experienced by students in understanding the simple present tense is the pattern, many students sometimes make mistakes in making sentences, compiling simple present tense sentences and sometimes greeting students using tobe, verbs in sentence patterns.
Desi Dwi Marantika

INTRINSIC ELEMENTS IN A COLLECTION OF SHORT STORY BY OSCAR WILDE AND THE IMPLICATION OF LEARNING ENGLISH IN SENIOR HIGH SCHOOL

Intrinsic element is the elements that make up the literary work itself.The purpose of analyzing the intrinsic elements of the short story is to determine the content of the story. The purpose of the research is to describe the intrinsic elements in a collection of short story by Oscar Wilde and to describe the implication of short story of learning English in senior high school. This research is a qualitative descriptive. The methodsed in this research is a qualitative descriptive method. The researcher used several data collection techniques to analyze the intrinsic elements in a collection of short story by Oscar Wilde and investigate the implication in learning English, namely documentation and interview. The results of the data were obtained by reading, taking notes, and coding the sentences contained the intrinsic elements in a collection of short story by Oscar Wilde, namely: the Happy Prince, the Nightingale and the Rose, the Selfish Giant, and the Devoted Friend. The intrinsic elements are character, characterization, plot, setting, theme, message, and the interpreting to linking short story as the object of research to the implication of learning English in senior high school. The validity of the data in the research used the observation persistence technique and had been tested by a peer debriefing. The results of the research are in the form of the intrinsic elements explanation in a collection of short story by Oscar Wilde and the implication of short story of learning English in senior high school.
Eni Nuraini

AN ANALYSIS OF STUDENT DIFFICULTIES IN MASTERING VOCABULARY IN EIGHT GRADE AT SMPN 06 KOTABUMI IN THE ACADEMIC YEAR OF 2021 / 2022

Abstract : Vocabulary is an important part of foreign language learning that must be mastered well by students because vocabulary is an important factor that supports students' ability to communicate. Students who experience little vocabulary mastery will have difficulty understanding English lessons. The objectives of the research is describe the difficulties faced by the eighth grade students of SMPN 6 Kotabumi in the 2021/2022 academic year in mastering vocabulary and describe the dominant difficulties in mastering the vocabulary of the eighth grade students of SMPN 6 Kotabumi in the 2021/2022 academic year. The approach used in this research is qualitative and the method used is case study design. The research was conducted in class VIII SMPN 6 Kotabumi. The data sources of this study were eighth grade students. The data collection techniques were interview, and observation. To analyze the data, the researcher used data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. The results of this study are the difficulties that students face in mastering vocabulary such as: students are not able to pronounce vocabulary correctly and precisely, students have difficulty in distinguishing vocabulary that has the same spelling and pronunciation, students have difficulty and do not understand grammar and students are unable to understand the context of English. The difficulty most often experienced by students is the lack of understanding of the context in English sentences in all aspects, both in pronunciation, spelling, grammar and grammar..  
Diah Ayu Komalasari

Budaya Patriarki Dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban Karya Abidah Elkhalieqy Sebagai Bahan Ajar Di Sekolah Menengah Atas

  Masalah yang dikaji dalam novel Perempuan Berkalung Sorban, yaitu budaya patriarki. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan budaya patriarki. Metode yang digunakan, yaitu deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini, terdapat tujuh dampak negatif budaya patriarki yang ada dalam novel Perempuan Berkalung Sorban, yaitu diskriminasi perempuan, eksploitasi, marginalisasi, sobordinasi, stereotipe, beban kerja lebih berat, dan kekerasan terhadap perempuan. Hal ini terlihat pada tokoh utama yang bernama Annisa. Ia mengalami dampak negatif budaya patriarki yang dilakukan oleh suaminya, yaitu Samsudin. Novel Perempuan Berkalung Sorban dapat dijadikan sebagai bahan ajar di sekolah menengah atas. Novel tersebut sudah mencakup tiga aspek, sesuai dengan kriteria pemilihan bahan ajar yang baik, yaitu aspek bahasa, aspek psikologi, dan aspek latar belakang budaya.   Kata kunci : budaya patriarki, Perempuan Berkalung Sorban Abstarct   The problem studied in the novels Woman wearing Turban is patriarchal culture. The purpose of this research is to describe patriarchal culture. The method used is descriptive qualitative. The results of this study, there are seven negative impacts of patriarchal culture in the novels Woman wearing Turban, namely discrimination against women, exploitation, marginalization, subordination, stereotypes, heavier workload, and violence against women. This can be seen in the main character named Annisa. She experienced the negative impact of the patriarchal culture carried out by her husband, namely Samsudin. The novels Woman wearing Turban can be used as teaching material in high school. The novel already covers three aspects, in accordance with the criteria for selecting good teaching materials, namely language aspects, psychological aspects, and aspects of cultural background.   Keywords: patriarchal culture, Woman Wearing Turban
Estikomah Esti

An ANALYSIS OF STUDENTS DIFFICULTIES IN SPEAKING SKILL AT THE FIFTH SEMESTER OF UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2021/2022

Speaking English is very difficult for non-native speakers. Speaking skill is ability to interactive process which involves face to face conversation partner and it is an esential part of humans life because without speaking it will be difficult for them to interact each other smoothly and efectively in environment. Speaking difficulties is a condition when students experience an obstacle when speaking in public. The purpose of this study was to describe the students difficulties in speaking skills at the fifth semester of the University of Muhammadiyah Kotabumi. The data from this study were taken from the results of interviews with 5 students in the fifth semester of English education. The instrument used in this study was an interview. In this study, the data collection technique used by the researcher is the in-depth interview technique and documentation. The results of this study illustrate that in fact there are 2 aspects of the problem that causes speaking difficulties faced by students. the two aspects of the problem are linguistic problems and non-linguistic/psychological problems. In linguistic problems there is a of pronunciation, lack of vocabulary and lack of grammar mastery. while non-linguistic/psychological problems consist of lack of confidence, anxiety, shyness, lack of motivation and fear of mistake.
Fani Anggraini Fani

ANALISIS MAKNA REFERENSIAL PADA KUMPULAN PUISI PERJALANAN TASKELL KARYA DJUHARDI BASRI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMA

Setiap karya sastra pasti memiliki makna yang terkandung dalam tulisannya. Melalui karya sastra, seseorang dapat menyampaikan pesan-pesan melalui kata atau diksi yang digunakan. Makna yang ada pada diksi yang  digunakan mampu mewakili gagasan dan pesan dari penulis. Karya sastra dapat membuat seseorang merasakan kebahagiaan, mengikuti alur, keindahan, serta luwesnya bahasa yang ditampilkan penulis. Akan tetapi, setiap makna yang terdapat dalam kata di karya sastra sulit untuk diketahui artinya. Kata atau diksi yang digunakan dalam karya sastra memiliki makna yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penelitian makna referensial ini diharapkan mampu membantu pembaca untuk mengatahui makna yang ada pada kata. Penelitian tentang makna referensial ini bertujuan untuk mengetahui makna yang sebenarnya ada di dalam kamus Bahasa Indonesia.  Penelitian tentang makna referensial ini akan dilakukan pada kumpulan puisi Perjalanan Taskell karya Djuhardi Basri sebagai alternatif bahan ajar di SMA. Dalam penelitian digunakan metode deskriptif kualitatif. Met0de deskriptif merupakan penjabaran berdasarkan fakta yang ada sehingga menghasilkan paparan seperti apa adanya. Met0de deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif ini digunakan karena data-data yang dikumpulkan bukan dalam bentuk angka melainkan dalam bentuk kata-kata yang berfungsi untuk mendeskripsikan makna referensial yang terdapat pada kumpulan puisi yang berjudul Perjalanan Taskell karya Djuhardi Basri. Dalam penelitian makna referensial tersebut ditemukan 85 data. Data yang ditemukan tersebut berupa makna referensial mengacu pada benda, gejala, proses, peristiwa, dan sifat.
Febri Kiswanto, Dewi Ratnaningsih

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Statistika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kotabumi Lampung Utara Tahun AJaran 2020/2021

Hasil belajar menjadi tolak ukur keberhasilan seseorang. Pemilihan aplikasi pembelajaran yang tepat dapat membuat siswa nyaman dan senang dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar  statistika siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kotabumi Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kotabumi sebanyak 256 siswa . Sampel yang digunakan kelas VIII G dan VIII H. Metode Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalen Control Group Design. Untuk mengetahui penggaruh penggunaan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar statistika siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kotabumi maka dilakukan berbagai macam uji mulai dari uji instrumen yaitu validitas dan reabilitas. Uji Prasyarat analisis yaitu normalitas, homogentitas, dan Uji T. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui dengan hasil perhitungan Thitung 2,331 > Ttabel 2,039 dengan taraf kepercayaan 95% atau α 0,05.   Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar Statistika siswa di SMP Negeri 3 Kotabumi  Lampung Utara  Tahun Ajaran 2020/2021.
Fenny Selviana Fenny Selviana

THE CORRELATION BETWEEN SKIMMING SKILL AND READING COMPREHENSION AT THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMKN 2 KOTABUMI NORTH LAMPUNG IN ACADEMIC YEAR OF 2020 / 2021

Reading is one of factors who support into process learning sucessfully. However, students still get any difficulties when they will apply it. One of them, students reading speed still limited. Students often spend their times only to read all of the text and it was over before they finished their assignment. Based on the problem, researcher did an research to know whether there is correlation that significant toward students skimming skill and students ability in understanding reading teks. This research was implemented at eleventh grade students of SMKN 2 Kotabumi in academic year of 2020/2021. This research used correlational research. The population  was all of students of eleventh grade at SMKN 2 Kotabumi in academic year of 2020/2021. The amount of population were 379 students. Meanwhile, the sample were taken 10% from the population, by using proportional random sampling. The sample in this research was 38 students. In this research, researcher did two tests to collect the data. Multiple choice test in 20 questions was given to measure students’ reading comprehension and questionnare with 10 statements to measure students skimming skill. Then, the data was tested by using t-test. The result of hypothetical test showed that tcount > ttable , so  was accepted and  was rejected. In other words, it can get conclusion that there is a significant correlation of students’ skimming skill and students’ reading comprehension towards understanding a text at eleventh grade students of SMKN 2 Kotabumi in academic year of 2020/2021.
Gebby Gasella

DESKRIPSI POLA PIKIR TOKOH DALAM NOVEL AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG KARYA TERE LIYE SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Pola pikir memiliki peran penting dalam kehidupan sehar-hari. Pola pikir merupakan salah satu pedoman hidup dalam mengembangkan gagasan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pola pikir tetap dan pola pikir berkembang dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye.  Metode dalam analisis ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penuh ketelitian dan ketekunan. Dalam penelitian ditemukan 33 data masuk ke dalam kategori Pola pikir tetap yang terbagi antara Memiliki keyakinan bahwa inteligensi, bakat, sifat adalah sebagai fungsi hereditas/keturunan 2 data. Menghindari adanya tantangan 1 data. Mudah menyerah 4 data. Menganggap usaha tidak ada gunanya 10 data. Mengabaikan kritik 7 data. Merasa terancam dengan kesuksesan orang lain 9 data Selain itu dalam kategoti pola pikir berkembang ditemukan 47 data, diantaranya yaitu Memiliki keyakinan bahwa intelegensi, bakat, dan sifat bukan merupakan fungsi hereditas/keturunan 5 data. Menerima tantangan dan bersungguh-sungguh menjalankannya 11 data. Tetap berpandangan kedepan dari kegagalan 7 data. Berpandangan positif terhadap usaha 8 data. Belajar dari kritik 5 data. Menemukan pelajaran dan mendapatkan inspirasidari kesuksesan orang lain 11 data. Novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye sudah sesuai untuk dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di SMA. Hal itu dikarenakan bahasa dalam novel ini mudah dipahami dan sesuai dengan peserta didik. Psikologis yang terdapat pada novel ini mengajarkan kepada anak SMA untuk berfikir kedepan dan semangat belajar. Lalu, latar belakang sosial budaya nya pun sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia, yaitu memberikan hadiah antarsesama.
Iis Noviyanti

interferensi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia dalam kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Abung Timur tahun pelajaran 2019/2020.

Masalah dalam penelitian ini adalah interferensi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Interferensi Bahasa Jawa Ke dalam Bahasa Indonesia dalam Kemampuan Bercerita Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Abung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk guru bahasa Indonesia dan calon pendidik khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengenai bentuk-bentuk interferensi yang terjadi pada siswa sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif adalah metode yang memanfaatkan cara penafsiran dengan menampilkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interferensi jenis fonologis dan morfologis. Ditemukan Interferensi jenis morfologis dalam bentuk prefiks, infiks, sufiks, dan konfiks. Interferrensi yang terjadi antara bahasa Jawa dalam pemakaian bahasa Indonesia disebabkan adanya pertemuan atau persentuhan dari kedua bahasa tersebut.   Kata Kunci: Interferensi, Keterampilan bercerita
IKA DEWI FATMAWATI

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL PURNAMA MEMBAYANG DI LANGIT MEKKAH KARYA ALI AHMAD BA KATSIR SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Masalah yang dibahas dalam penelitia ini ialah nilai pendidikan karakter pada novel Purnama Membayang di Langit Mekkah sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter pada novel tersebut sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Novel tersebut merupakan novel yang layak untuk dibaca. Hal tersebut disebabkan adanya nilai pendidikan karakter yang dapat dijadikan contoh oleh pembaca, khususnya peserta didik. Pada novel tersebut terdapat dua belas nilai pendidikan karakter, yaitu nilai religius, kerja keras, disiplin, kreatif, cinta tanah air, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli sosial, peduli lingkungan, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab. Novel tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di SMA karena telah memenuhi kriteria bahan pembelajaran dilihat dari aspek psikologi, bahasa, dan latar belakang budaya.
Indah Sari

Afiksasi Pembentukan Verba dalam Majalah Tempo "Darurat Covid-19" Edisi 23 - 29 Maret 2020 Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas.

Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah afiksasi pembentukan verba dalam majalah Tempo “Darurat Covid-19” Edisi 23—29 Maret 2020 sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui afiksasi pembentukan verba dalam majalah Tempo “Darurat Covid-19” Edisi 23—29 Maret 2020. Metode yang digunakan  adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini ditemukan 168 data yang berupa afiksasi pembentukan verba berprefiks  me-, ber-, di-, dan ter-. Dari aspek bahan ajar, majalah Tempo “Darurat Covid-19” Edisi 23—29 Maret 2020 telah memenuhi kriteria yang baik sehingga layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar bagi peserta didik di sekolah menengah atas.  
Isnaini Nur Hasanah, Sri Widayati, Dewi Ratnaningsih

The Correlation Between Students’ Learning Motivation and Reading Comprehension at the Tenth Grade of SMA Kemala Bhayangkari North Lampung in Academic Year 2020/2021

Abstract: The researcher conducted a study with the aim of knowing whether there was a significant correlation between students’ learning motivation and reading comprehension at the tenth grade of  SMA Kemala Bhayangkari North Lampung in academic year 2020/2021. The type of research used in quantitative research with the method of correlation technique The research population was all students of class X, totaling 111 students. While the sample was taken using a simple random sampling technique with a total of 25 students. Data collection techniques obtained from research on learning motivation as an independent variable (X), in the form of a questionnaire to obtain information from respondents, while reading comprehension is the dependent variable (Y), in the form of multiple choice test to determine aspects in assessment reading and measure of students' ability in reading comprehension. Then from these results a normality test was carried out using the Lilliefors test and then a homogeneity test was carried out using the F test, and hypothesis testing. The results of hypothesis testing based on data analysis resulted in a correlation coefficient (rxy ) of 0,806 (rcount   = 0,806 > rtable  = 0,396 ).
Janisa Ramadasari Icha

ANALISIS INTERAKSI SOSIAL DALAM NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE LIYE SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Penlitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan macam-macam interaksi sosial yang terdapat dalam novel Bidadari-Bidadari Surga. Teknik, pengumpulan data, teknik adalah pengodean dan pencatatan dengan penuh ketelitian dan ketekunan. Macam-macam interaksi sosial dalam novel Bidadari-Bidadari Surga ialah interaksi verba, interaksi fisik, dan interaksi emosional. Setelah mendeskripsikan interaksi sosial dalam Bidadari-Bidadari Surga, selanjutnya penentuan cocok atau tidaknya novel ini dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Jika dilihat dari segi bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya siswa novel Bidadari-Bidadari Surga karya Tere Liye untuk dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Bahan dalam novel ini mudah dipahami dan sesuai dengan anak-anak SMA pada umumnya. Psikologis yang terdapat pada novel ini pun, sesuai dengan kondisi peserta didik SMA. Lalu, latar belakang sosial budaya nya pun sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia, yaitu ketika adik tidak boleh menikah mendahului kakaknya.
lily Oktapia

THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ READING HABIT AND READING COMPREHENSION OF THE TWELFTH GRADE IN SMA N 01 KOTABUMI NORTH LAMPUNG ACADEMIC YEAR 2021/2022

This research intends to investigate the phenomenon of students' reading habit that can be related to their reading comprehension. The purpose of this study is to find out whether there is a significant correlation between students’ reading habit and reading comprehension of the Twelfth grade in SMA N 01 Kotabumi North Lampung Academic year 2021/2022. This type of research is quantitative research and uses a correlational research design. The population consists of 142 students. Sample were taken from 15% of the population from each class so that the number of samples was 34 students. The instrument used in this study was a questionnaire and multiple choice test. Then, to fulfill the hypothesis, the researcher analyzed the data using the Pearson product moment correlation formula and obtained the observed 0.532, so the value of tobserved > ttable was 3.556> 2.037. Based on the results of data analysis, it is concluded that H0 is rejected and Ha is accepted, meaning that there is a significant correlation between reading habit and reading comprehension.
Livia Natini Tanura

An Analysis Moral Values In Novel “To Kill A Mockingbird” By Harpeer Lee’s As An Alternative Teaching Material In High School

Moral value is important in general or values ​​that can drive people to act or do something, and are a source of motivation. Moral values ​​are extrinsic elements in novels that are useful for life and suitable for teaching material. This means that the material detailed for learning activities must be material that really supports the achievement of Core Competencies and basic competencies. Therefore, the researcher examines moral values ​​as a reference in the novel "To Kill A Mockingbird". The term moral is often also referred to as morality, character, or morals. Moral is a person's actions, behavior, words in interacting with other humans. This research discusses moral values ​​in the novel “To Kill A Mockingbird” by Harpeer Lee. The purpose of this study is to find the moral values contained in the novel "To Kill A Mockingbird" by Harpeer Lee. The results of this study discuss several elements contained in the extrinsic elements. The intrinsic elements discussed in this study are moral values related to the value of justice, moral values related to the value of honesty, and moral values related to the value of responsibility. . In this study, the researcher used a descriptive method is used to describe the moral values contained in the novel "To Kill A Mockingbird". The results of this study discuss several elements contained in the extrinsic elements. The intrinsic elements discussed in this study are moral values related to the value of justice, moral values related to the value of honesty, and moral values related to the value of responsibility. On moral values related to justice, the researcher managed to find 31 quotes related to justice. Then, related to the moral value of honesty, the researcher managed to find 18 quotes related to the moral value of honesty. Then and the last is the moral value related to responsibility, the researcher managed to find 31 quotes related to the moral value of responsibility.
M. Erwinsyah Ario Masai

ANALISIS TINDAK TUTUR PERLOKUSIONER DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Karya sastra tidak terlepas dari tindak tutur yang ditulis oleh seorang pengarang. Tindak tutur yang diperoleh berdasarkan pengalaman pengarang maupun tindak tutur yang ditemukan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tindak tutur perlokusioner dalam novel Orang-Orang Biasa sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur perlokusioner dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Jenis-jenis tindak tutur perlokusioner yang dianalisis, yaitu tindak tutur perlokusioner efek membujuk, tindak tutur perlokusioner efek meyakinkan, tindak tutur perlokusioner efek menakuti dan tindak tutur perlokusioner efek memotong pembicaraan orang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah tuturan tindak tutur perlokusioner dari kutipan yang terdapat dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata, penelitian ditemukan 60 kutipan yang memenuhi kriteria tindak tutur perlokusioner, yaitu tindak tutur perlokusioner efek membujuk sebanyak 10 kutipan, tindak tutur perlokusioner efek meyakinkan sebanyak 25 kutipan, tindak tutur efek menakuti 7 kutipan, dan tindak tutur perlokusioner efek memotong pembicaraan orang lain sebanyak 18 kutipan. Novel Orang-Orang Biasa dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas dari tiga aspek penting dalam pemilihan bahan ajar, yaitu aspek kebahasaan, aspek psikologi, dan aspek latar belakang sosial budaya siswa.
Muhamad Iqbal

AN ANALYSIS OF TRANSITIVITY OF SHORT STORY “THERE WILL COME SOFT RAINS” BY RAY BRADBURY

Abstract: Transitivity is a way of analyzing short stories at the clause level. The purpose of this study aims to found the dominant aspect of transitivity like processes, participants and circumstances in the short story “There Will Come Soft Rains” By Ray Bradbury. This study is conducted by applying descriptive qualitative method. All the source of data for this study was taken from the short story “There Will Come Soft Rains” by Ray Bradbury. Method used in this study is qualitative research. Data collecting techniques in this study by classifying data, coding techniques and analyzing all data. The steps in analyzing the data are identifying short stories and selecting them as data, classifying and analyzing the data based on aspect of transitivity, and breaking the text into several clauses. Keywords: Transitivity, Process, Participants, Circumstances, Short Story  
Mastia Tia

Pengembangan Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Kinemaster pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII Sekolah Mennegah Pertama (SMP) Negeri 3 Kotabumi.

Penelitian ini yaitu mengenai media pembelajaran yang digunakan guru kurangnya menarik untuk siswa. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab kurangnya  minat siswa dalam menguasai materi aritmatika sosial. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk video dengan berbantuan aplikasi KineMaster pada materi aritmatika sosial kelas VII Sekolah Menengah pertama (SMP) 3 Kotabumi. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research & Development (R & D) Sugiyono (2015) yang dibatasi hingga tahap ke-5 saja. Prosedur penelitian dan pengembangan ini mencakup: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Produk yang dihasilkan pada penelitian ini meliputi tahap pembuatan produk, kemudian dilakukan validasi dan revisi produk; (2) Hasil penilaian uji validasi oleh ahli materi adalah 94,5% dengan kriteria “sangat layak”; (3) Hasil penilaian uji validasi oleh ahli media adalah 75,38% dengan kriteria “layak”; (4) Hasil penilaian uji validasi oleh ahli bahasa adalah 94,28% dengan kriteria “sangat layak”; (5) Hasil penilaian uji validasi oleh ahli media adalah 94%  dengan kriteria “sangat layak”.  
Maya Nabila Tambunan Maya

ANALISIS PEMAKAIAN MORFEM TERIKAT DAN MORFEM BEBAS PADA LIRIK LAGU KARYA ROSSA DALAM ALBUM YANG TERPILIH SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Abstrak: Artikel ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaiamana pemakaian morfem terikat dan morfem bebas pada lirik lagu karya rossa dalam album Yang Terpilih sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah morfologi bahasa Indonesia. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menguraikan hasil dalam bentuk kata-kata. Menggunakan 14 lirik lagu karya Rosaa sebagai sumber data. Hasil penelitian yang dilakukan ditemukan ada 644 data yang di dalamnya terdapat morfem terikat(prefiks, infiks, sufiks, dan konfiks) dan morfem bebas. Berkaitan dengan 3 aspek penting dalam pemilihan bahan ajar, lirik lagu karya Rossa dalam album Yang Terpiih  telah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik. Oleh karena itu, lirik lagu ini layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar bagi peserta didik di SMA.   Kata Kunci: Morfologi, Lirik lagu, Yang Terpilih.
Monica Suci Putria, Dewi Ratnaningsih

Tindak Tutur Direktif pada Novel Harga Sebuah Percaya Karya Tere Liye sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas.

Masalah penelitian ini adalah tindak tutur direktif yang terdapat di dalam novel Harga Sebuah Percaya  karya Tere Liye. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tindak tutur direktif dalam novel Harga Sebuah Percaya karya Tere Liye dan dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Penelitian ini memanfaatkan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Harga Sebuah Percaya karya Tere Liye. Data diperoleh dengan teknik membaca, menandai, dan mencatat tindak tutur direktif yang terdapat di dalamnya. Data dianalisis dengan langkah-langkah berikut: (1) pengodean pada data penelitian, (2) pengklasifikasian pada data, (3) interprestasi temuan penelitian, (4) penentu kelayakan novel Harga Sebuah Percaya karya Tere Liye dijadikan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA, dan (5) penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini ada 6 jenis tindak tutur direktif, yaitu tindak tutur direktif meminta, menanya, memerintah, melarang, mengizinkan, dan menasihati. Pada penelitian ini tindak tutur direktif yang banyak ditemukan ialah tindak tutur direktif menanya. Tindak tutur yang sedikit ditemukan tindak tutur direktif mengizinkan dan menasihati. Novel Harga Sebuah Percaya Karya Tere Liye dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Novel Harga Sebuah Percaya karya Tere Liye telah memenuhi kriteria bahan ajar, yaitu aspek bahasa, aspek psikologi, dan aspek latar belakang budaya.
Mutiara Jaurina

THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ MOTIVATION AND READING COMPREHENSION AT THE NINTH GRADE STUDENTS OF SMPN 03 KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2020/2021

This research was aimed to investigate whether there is significant correlation between students’ motivation and reading comprehension at the ninth grade students of SMPN 03 Kotabumi Academic Year 2020/2021. The kind of the research was quantitative research and used correlational research design. The samples of the research were 40 students who were choosen by using proportional random sampling technique. The instruments used in this research were questionnaire and test. Questionnaire was used to measure students' motivation, meanwhile the test was used to measure students' reading comprehension. Then, to prove the hypothesis of the research and the data, the researcher used Pearson Product Moment correlation. The result showed that  = , and  = . It means that  is rejected, and  is accepted. From the result of significant test, it was found that  = 2.6298 and  is 2.027. Based on the result of the data analysis, it can be concluded that there is significant correlation between students’ motivation and the reading comprehension at the ninth grade students of SMPN 03 Kotabumi in academic year 2020/2021.
Nadia Purnawati

The Correlation Between Students'Listening to English Songs Habit and Their Vocabulary Size at the Eleventh Grade of SMKN 03 Kotabumi Academic Year 2021/2022

Vocabulary is important for learning a language. To enrich vocabulary, one way is listening to English songs as a habit. This research aimed to find out the correlation between students’ listening to English songs habit and their vocabulary size at the eleventh grade of SMKN 03 Kotabumi. The research instrument used to collect the data were multiple choices test to measure the students’ vocabulary size that consists of 46 items of test with five options (a, b, c, d and e) in each item, and questionnaire to measure the students’ listening to English songs habit that consists of 36 items. The result of this research showed that Ha is accepted with the result of hypothesis test robserved is higher than rtablewhich is 0,402 ≥ 0,334. Furthermore, the result of t test was tobserved is higher than ttable which is 2,520 ≥ 1,692, it means that there is significant correlation between students’ listening to English songs habit and their vocabulary size at the eleventh grade of SMKN 03 Kotabumi academic year 2021/2022.
Nuryani Nur

An AN ANALYSIS OF REQUESTING SPEECH ACT OF MAIN CHARACTERS IN THE MALEFICENT:MISTRESS OF EVIL MOVIE BY DISNEY

Speech Act

Requesting speech acts are commonly used in everyday interactions. However, because of its nature to ask on others, it is very important that people choose the right strategy in making requests. This research is to describe strategies of the requesting speech acts that are used by main characters in the Maleficent:Mistress of Evil movie based on Trosborgs theory. This research used qualitative research that examines the use of the requesting speech in the movie. In this research result, the researcher found utterances of requesting speech act used by the main characters, in which there are 4 types and divided into 8 sub-types, namely, 5 Indirect Request; 7 Hearer-Oriented Conditions ( 3 Willingness/Ability, 4 Suggestory Formulae); 1 Speaker-Oriented Conditions, ( 0 Wishes, 1 Needs/Desires) and 24 Direct Requests (4 Obligation, 1 Performative, 19 Imperative ). So it can be concluded that in the main characters' request utterances, almost all requesting speech act strategy was found in which there were 38 total data.Keywords: Requesting Speech act, Movie, Main Characters.
Ocky Nindyas Ocky, Nur Isnainiyah Nur, Dewi Sartipa Sartipa

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII

Tujuan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan saat covid-19 sebagai media ajar guru dan media belajar siswa secara mandiri. Masalah pada penelitian ini adalah kesulitan guru dalam menyampian materi ketika pembelajaran dimasa pandemi covid-19. Metode yang dilakukan pada penelitian ini mengacu pada  desain model Borg  dan Gall .Tahapan pengembangan yaitu: 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) Validasi desain, 5) revisi desain, 6) Ujicoba Produk, 7) Revisi produk, 8) Ujicoba pemakaian, 9) Revisi Produk dan 10) Produksi Masal. Namun, pada penelitian ini di batasi sampai pada tahap 5. Media pembelajaran Interaktif ini telah melalui tahapan pembuatan kemudian dilakukan uji validitas dan uji kepraktisan. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase kelayaan 86,66% dengan kategori “sangat valid, tidak perlu revisi”. Hasil validasi oleh ahli bahasa diperoleh persentase kelayakan 100% dengan kategori “sangat valid, tidak perlu revisi”.Hasil validasi dari ahli media diperoleh persentase kelayakan 87,27% dengan kategori “sangat valid, tidak perlu revisi”. Hasil kepraktisan dari praktisi diperoleh persentase kelayakan 100% dengan kategori “sangat praktis’’. Berdasarkan penilaian dari validator dan praktisi pendidikan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android layak diujicobakan sebagai media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi bangun datar siswa kelas VII.
Prieska Nanda Anisafitri

AN ANALYSIS OF LECTURER STRATEGIES IN TEACHING READING AT THE FOURTH SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM IN UNIVERSITY OF MUHAMMDIYAH KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2020/2021

This research about reading study that analyzes the strategies used by lecturer’ in teaching reading and the reasons for using these strategies and students' perceptions of the strategies used by lecturer’ at the Fourth Semester of English Education Study Program in University of Muhammdiyah Kotabumi. The aim of this study to find out what strategies used by lecturer in teaching extensive reading course and to find out the reasons for used strategy and the last to find out students perceptions toward the strategies used by lecturer. This research was appointed because some problems that students face in reading. The problems that students often are not understanding the meaning of what they read, difficulty when them finding new vocabulary and sometimes students lazy in reading. This research used with the research object of lecturer and students in the English extensive reading course. The location of this research at the University of Muhammadiyah Kotabumi and more specifically this research in the fourth semester of the English education study program. The method used in this research is descriptive qualitative. The instruments of this research are interview and questionnaires. The results of this study, the lecturer’ used a task based learning (TBL) strategy. TBL is a task-based strategy which contains tasks for students to be more independent in completing their assignments can improve students' reading skills. The reason why lecturer used this strategy because this strategy can make students to always practice from the texts they read. So that in its implementation students can more easily understand the text and increase their reading ability. From the perception of students regarding the strategy used by the lecturer, the average student response to the implementation of the strategy was goodKeyword: strategy, lecturer strategy, student perception
Puja Nuraini

ANALISIS BAHASA KIASAN DALAM KUMPULAN PUISI PAGI LALU CINTA KARYA ISBEDY STIAWAN ZS SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini tentang bahasa kiasan yang terdapat dalam kumpulan puisi Pagi Lalu Cinta karya Isbedy Stiawan Zs. Tujuan penelitian, yaitu mendeskripsikan  bahasa kiasan pada kumpulan puisi Pagi Lalu Cinta karya Isbedy Stiawan Zs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa kiasan pada kumpulan puisi Pagi Lalu Cinta karya Isbedy Stiawan Zs terdapat enam macam bahasa kiasan yang digunakan terdiri atas bahasa kiasan perbandingan (simile) ada lima belas kutipan, metafora enam kutipan, perumpamaan epos tiga kutipan, personifikasi enam kutipan, metonimia dua kutipan, allegori dua kutipan. Bahasa kiasan perbandingan (simile) lebih mendominasi dalam kumpulan puisi Pagi Lalu Cinta karya Isbedy Stiawan Zs lebih sering menggunakan kata seperti, bagai, serupa, bagaikan, laksana, dan sejenisnya sebagai inspirasi di dalam karya-karyanya. Kumpulan puisi Pagi Lalu Cinta karya Isbedy Stiawan Zs layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah menengah atas dilihat dari aspek bahasa, psikologi dan latar belakang budaya siswa.
Puji Muri, Dewi Ratnaningsih

THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ MASTERY OF SIMPLE PAST TENSE AND THEIR ABILITY IN WRITING RECOUNT TEXT AT THE ELEVENTH GRADERS OF SMAN 01 KOTABUMI ACADEMIC YEAR 2020/2021

The aim of this study was to investigate the correlation between mastery of simple past tense in writing recount text at the eleventh graders of SMAN 01 Kotabumi in academic year 2020/2021. The kind this research is correlational research and applied proportional random sampling technique to determine the samples.  The samples in this research were 40 students.  The instruments used in this study were a test which divided into two types of test. The first test was written test in which the  student were asked to write a recount text and the second test was simple past tense mastery test in which the students were asked to finish a multiple choice test with the total of the question consist of 25 items. Then, to prove the hypothesis, the formula of pearson product moment correlation was used by the researcher and it was obtained robserved 0,489 which was higher than rtable 0,312. Then, obtained tobserved 3,9614 which was higher than ttable 2,027. Therefore, it can be concluded that the alternative hypothesis is accepted and null hypothesis is rejected, which can be said that there is significant correlation between students’ mastery of simple past tense and their ability in writing recount text at the eleventh graders of SMAN 01 Kotabumi academic year 2020/2021.
Rahma Ravita

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Penerapan, Pembelajaran, Meningkatkan Pembelajaran

Permasalahan yang muncul pada makalah ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) untuk meningkatkan pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran IOC. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran IOC untuk meningkatkan pembelajaran SPLDV pada siswa SMP. Model pembelajaran IOC ini adalah salah satu model pembelajaran yang berkelompok dan mempunyai sistem khusus yaitu siswa membuat kelompok kecil dan saling mengajarkan sesama siswanya guna meraih tujuan bersama. Model pembelajaran IOC dapat mendorong siswa untuk saling berinteraksi secara aktif antar siswa dengan bekerjasama membentuk kelompok berpasangan dan mempunyai banyak waktu untuk memahami informasi, menelaah kemampuan bekomunikasi serta dapat memecahkan sendiri masalah yang diberi guru terutama pada pembelajaran matematika sehingga membuat siswa berupaya memahami pelajaran tersebut. Berdasarkan pembahasan yang telah disinggung, langkah-langkah untuk mengimplementasikan model pembelajaran IOC adalah siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, kelompok belajar secara mandiri dan mendapatkan tugas mencari informasi berdasarkan lembar kerja kelompok (LKK), sebagian siswa di kelas berdiri membuat lingkaran kecil menghadap keluar, sebagian siswa lain membuat lingkaran diluar lingkaran kecil dengan menghadap kedalam, dua siswa yang berpasangan dari masing-masing lingkaran memberikan informasi, lalu siswa yang ada dilingkaran kecil tetap ditempat, dan siswa yang ada dilingkaran besar bergerak satu atau dua langkah searah jarum jam, siswa yang ada dilingkaran besar memberikan informasi, pergerakan selesai bila anggota kelompok dari masing-masing lingkaran bertemu kembali.
rahmatia rahmatia

ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA NOVEL LENTERA AISHA KARYA ARY YULISTIANA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Masalah  dalam penelitian ini ialah alih kode dan campur kode pada novel Lentera Aisha karya Ary Yulistiana sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan alih kode dan campur kode pada novel Lentera Aisha karya Ary Yulistiana sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Metode yang digunakan deskriptif  kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan tiga puluh dua kutipan yang keseluruhannya terdiri dari tujuh belas campur kode ke luar, tujuh campur kode ke dalam dan delapan campur kode campuran.Data alih kode intern dan ekstern tidak ditemukan. Novel Lentera Aisha karya Ary Yulistiana dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah ataskarena ditinjau dari aspek kebahasaan,  psikologi, dan latar belakang sosial budaya siswa telah memenuhi kriteria bahan ajar
Reka Octaviani Artica Malau

The Correlation Between Students’ Self-Esteem and Their Reading Comprehension in Descriptive Text at The Eleventh Grade of SMK Negeri 2 Kotabumi North Lampung Academic Year 2020/2021

Reading is one of four language skills in learning English, so that it is important for the students to learn reading. However, there are many students do not succeed in reading comprehension in descriptive text. Most of the students still face difficulties in reading comprehension. This happens because students' interest in reading is still low. One other problem is that many students lack self-esteem in learning. In this research aims to find out the correlation between students’ self-esteem and their reading comprehension in descriptive text at the eleventh grade of SMK Negeri 2 Kotabumi Academic Year 2020/2021. Therefore, researcher carried out quantitative research to carry out further research. The population of this research all students of class XI and the researcher took 38 students as research subjects using proportional random sampling to take sample from the research. The instrument used by the researcher was in the form of multiple choice test and a questionnaire. In analyzing the data, the researcher used the product moment correlation with a significance level of 5%. The result of the hypothesis test was found that tobserved 3.137 > ttable 0.681, it showed that tobserved > ttable. Therefore, it can be concluded that there is correlation between students’ self-esteem and reading comprehension in descriptive text at the eleventh grade of SMK Negeri 2 Kotabumi Academic Year 2020/2021.
Reni Sarah

CITRA WANITA DALAM NOVEL GADIS KRETEK KARYA RATIH KUMALA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Permasalahan tentang wanita selalu menarik untuk diungkap secara mendalam, baik dari sisi kodratnya, aktivitasnya, maupun peranannya. Semua hal tersebut difokuskan pada citra diri wanita di berbagai aspek kehidupannya. Masalah tersebut menjadi fokus penelitian ini sebagai upaya penganalisisan secara mendalam peran wanita dalam keluarga dan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan citra wanita tokoh utama dalam novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif  agar objek penelitian dapat digambarkan atau dipaparkan secara sistematis, akurat, dan faktual. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala ini menggambarkan tentang citra wanita Dasiyah dalam keluarga dan masyarakat. Pada novel Gadis Kretek tokoh utama Dasiyah dalam keluarga memiliki citra sebagai seorang anak yang sering membantu pekerjaan orang tua, memiliki sikap peduli, dan menyayangi orang tua serta keluarganya. Dalam masyarakat Dasiyah memiliki citra sebagai seorang yang memiliki hubungan yang baik di masyarakat, tingginya kepedulian membantu sesama, memiliki keberanian untuk mengungkapkan pendapat.  Novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala dapat dijadikan alternatif bahan ajar sastra karena telah memenuhi kriteria pemilihan bahan ajar dilihat dari aspek bahasa, psikologis, dan latar belakang budaya.
Ridho Dwi Cahyani Aguusani

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Model pembelajaran kontekstual merupakan salah satu model dalam kegiatan belajarMasalah yang dikaji dalam makalah ini, yaitu “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas”. Tujuan dalam makalah ini, yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas. ada proses pembelajaran siswa diharapkan dapat menciptakan dan mempelajari ilmu pengetahuan secara mandiri. Pengetahuan tersebut dilakukan melalui kegiatan kerjasama antarsiswa dalam menjawab kondisi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang sedang dipelajari. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini mendidik siswa agar belajar tidak hanya dihafal, namun dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta dalam kegiatan belajar di kelas menerapkan pembelajaran yang efisien sehingga sesuai dengan materi yang diajarkan.
Riska Afferi Yanti

A Descriptive Study of Students’ Interest in Reading at the Eighth Grade of SMPN 3 Kotabumi Academic year 2021/2022

Reading is an activity in reading text that is useful for understanding the content of reading, reading as an activity to obtain information and messages given in written language. Interest is a feeling of liking or liking for something. Interest is a sense of liking and a sense of attachment to a thing or activity, without anyone telling. Reading interest is an interest that encourages individuals to carry out activities, pay attention, and enjoy reading activities. Interest creates a positive attitude towards an object, that is something fun that emerges from an object, and enjoyable reading. The limitation of the problem in this study was to determine the reading interest of class eighth students at SMPN 3 Kotabumi. This research uses descriptive quantitative, the sample that the researcher takes is 32 students. In collecting the data, the researcher used questionnaires and documentation. Data analysis was carried out by processing the data using percentages. The results of data processing from the questionnaire obtained from all students with a score of 59.9%. And in more detail, there are 10 students (31.5%), 15 students (46.8%), and 7 students (21.8%). Therefore, it can be concluded that the reading interest of students in the eighth grade of SMPN 3 Kotabumi is low with an overall questionnaire score of 59.9% with a value range of 44% - 62%, namely reading interest in the low category
Rizqa Cahya Ramadani

USING THINK PAIR SHARE (TPS) TECHNIQUE IN TEACHING WRITING SKILL

Bagi seorang guru, mengajarkan menulis adalah aktifitas yang penting, namun kenyatannya banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menuangkan ide-ide kreatifnya pada sebuah tulisan. Idealnya dalam mengajar menulis akan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi siswa jika guru mampu menerapkan model dan media yang dapat membantu aktifitas siswa. Tetapi, kenyatannya sebagian besar siswa mengalami kesulitan bahkan tidak mampu menuangkan ide-idenya pada sebuah tulisan dan akhirnya pembelajaran menjadi tidak kondusif. TPS adalah salah satu teknik pembelajaran koopertif yang dapat memecahkan masalah ini. Di dalam TPS ada 5 tahapan. Tahap yang pertama yakni membagi siswa secara berpasangan. Tahap yang kedua yakni guru memberikan sebuah topik atau pertanyaan. Tahap ketiga masing-masing siswa diberikan waktu untuk berpikir. Tahap yang keempat setiap siswa diminta untuk mendiskusikan hasil pemikiran mereka kepada pasangannya masingmasing. Selanjutnya, tahap yang kelima meminta masing-masing pasangan untuk menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas dan pasangan yang lain menangapinya. Setelah semua pasangan menyampaikan hasil diskusi kelompoknya, maka guru memberikan tugas kepada setiap siswa. Tugasnya dapat berupa menulis kalimat naratif, deskriptif maupun argumentative.
Septa Oktaviani

ANALISIS NILAI SOSIAL PADA NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu nilai-nilai sosial yang terdapat dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terdapat dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra yaitu pendekatan terhadap sastra yang mempertimbangkan segi-segi kemasyarakatan yang dapat dijadikan pelajaran kehidupan bagi kehidupan manusia. Hasil penelitian ditemukan nilai sosial yang terdapat dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye sebanyak 51 data yang terdiri atas nilai sosial kasih sayang, nilai sosial tanggung jawab, dan nilai sosial keserasian hidup. Pertama, terdapat 33 data mengandung nilai sosial kasih sayang meliputi empat data pada nilai pengabdian, 11 data pada tolong menolong, tiga data pada kekeluargaan, tiga data pada kesetiaan, dan 12 data pada kepedulian. Kedua, terdapat tujuh data yang mengandung nilai sosial tanggung jawab meliputi tiga data pada tanggung jawab kepada keluarga, dua data pada tanggung jawab kepada masyarakat, dan dua data pada tanggung jawab kepada Tuhan. Ketiga, terdapat 11 data yang mengandung nilai sosial keserasian hidup meliputi lima data pada nilai keadilan, tiga data pada toleransi, dan tiga data pada kerja sama. Dari hasil  penelitian  yang diperoleh novel  Tentang Kamu  karya Tere Liye dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar sastra di  sekolah menengah atas berdasarkan aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya siswa.
Siti Aisyach, Dewi Ratnaningsih

The Correlation between Students’ Self Confidence and Speaking Achievement at Twelfth Grade of Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kotabumi North Lampung Academic Year 2020/2021

Speaking is ability to produce sound of word to deliver meaning, express ideas, concept and opinion in thinking or feeling. Speaking has a very important in human life, because speaking is the common language skill to be used in communication. However, to perform effective and efficient speaking and to get sufficient achievement is not easy. Self confidence become base element that must be owned for getting success. Based on the problem, the pupose of this research was to investigate the correlation between students’ self confidence and speaking achievement at twelfth grade of Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kotabumi North Lampung academic year 2020/2021. Population in this research were 349 students which sample were taken through cluster random sampling technique in which there were 31 students. The instrument used to collect data were speaking test and questionnaire of self confidence. Then, the data was analyzed by using correlation Pearson Product Moment. Based on the analysis, it was found that rxy is higher than rtable (31)(0.05)  or  0.430 > 0.355. While, from the calculation of t-test, it was gotten that tobserved was higher than ttable (31-2)(0.05) or 2.566> 2.045. Based on the result, it can be concluded that Ha that said there is significant correlation between students’ self confidence and speaking achievement at twelfth grade of Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kotabumi North Lampung academic year 2020/2021 was accepted.
Tamara Evilia

Analisis hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student achievement division (STAD)

  Abstract: The problem of this research is to study the student thesis of STKIP Muhammadiyah Kotabumi by analyzing learning outcomes by applying the STAD type cooperative learning model to mathematics learning in high school. This study aims to describe the results of the analysis that has been carried out on the thesis with the title the effect of learning mathematics outcomes using the STAD type cooperative learning model. This research is a qualitative approach research. The analysis technique carried out in this study uses observation and documentation techniques with the data sources of theses relating to the STAD type cooperative learning model in the reference room of the Muhammadiyah University of Kotabumi and other reference books that support the theories presented as follows. research study material. The results of the study indicate that the use of the STAD learning model that is applied in schools has a good value in conveying learning. One of them that is applied to learning mathematics produces good grades for students, this is proven in the three thesis that has been done by Anggia Murni, Venty Meilasari and Rissa Arifin in their research there is a good and positive influence in learning mathematics after the delivery of learning using the cooperative learning model STAD type.Keywords: analysis, leraning outcomes, STAD type cooperatif learning model AbstrakMasalah penelitian ini yaitu melakukan pengkajian Skripsi Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kotabumi dengan Menganalisis hasil belajr dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tife STAD terhadap pembelajaran matematika di sekolah menengah atas. Penelitian tersebut bertujuan guna mendeskripsikan hasil analisis yang sudah dilakukn pada skripsi yang berjudul pengaruh hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tife STAD. Penelitian tersebut ialah penelitian pendekatan kualitatif. Tehnik penganalisian yang dilakukan pada penelitian tersebut menggunakan tehnik observasi serta dokumentasi dengan sumber data skripsi-skripsi yang berkaitan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang ada di ruang referensi universitas muhamadiyah kotabumi dan buku-buku referensi lainnya yang mendukung pada teori-teori yang di sajikan sebagai bahan kajian penelitian. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pada penggunaan model pembelajaran STAD yang di terapkan di sekolah mempunyai nilai yang baik dalam menyampaikan pembelajarannya. Salah satunya yang diterapkan pada pembelajaran matematika menghasilkan nilai yang baik untuk siswanya, hal ini terbukti pada ketiga skripsi yang telah dilakukan oleh Anggia Murni, Venty Meilasari Dan Rissa Arifin didalam penelitiannya terdapat pengaruh yang baik dan positif dalam pembelajaran matematika setelah penyampaian pembelajarannya menggunakan model pembelajaran STAD.Kata Kunci: Analisis, Hasil belajar,Model pembelajaran kooperatif tipe STAD
Tika Putri andika, Aan Sururi, Khusnul Khotimah

Psychological Side in Literary Works and Its Implication on English Teaching

Literature is the language (words, language style) used in books but is not an everyday language. On the other hand, psychology itself is a branch of science that studies behavior and mental processes experienced and done by humans. Psychology and literature are two different but related aspects of knowledge. Literary works provide additional material for practice of grammar (grammar), learning vocabulary, and translation. This can provide knowledge about the importance of the implications of literary works in teaching English and show some negative and positive things contained in the implications in schools and teaching literature in English teaching.
Titis Dwi Rahayu

ANALISIS DEIKSIS DALAM NOVEL DI KAKI BUKIT CIBALAK KARYA AHMAD TOHARI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini ialah deiksis pada novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari sebagai alternatif  bahan ajar di sekolah menengah atas. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan deiksis pada novel tersebut. Metode yang digunakan  deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian  ditemukan ada seratus lima puluh data yang di dalamnya terdapat deiksis persona pertama, persona kedua, danpersona ketiga, deiksis tempat, dan deiksis waktu. Novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari telah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik. Oleh karena itu, novel ini layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar bagi peserta didik di sekolah menengah atas.  
Tri Aryani, Dewi Ratnaningsih

MASALAH SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN PEREMPUAN DI RUMAH PANGGUNG KARYA ISBEDY STIAWAN ZS SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMA

Masyarakat berinteraksi untuk mencapai tujuan. Akan tetapi, interaksi sosial yang negatif akan menimbulkan masalah. Permasalahan tersebut biasanya disebut sebagai masalah sosial. Masalah sosial merupakan masalah-masalah yang terjadi di dalam masyarakat. Masalah-masalah yang ada pada masyarakat meliputi masalah politik, pemerintahan, pertahanan, keamanan, ekonomi, hukum, lingkungan, dan pembangunan. Masalah tersebut terjadi karena terdapat penyimpangan-penyimpangan terhadap nilai-nilai yang ada dalam masyarakat. Masalah Penelitian ini akan dibahas mengenai jenis-jenis masalah sosial. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan jenis-jenis masalah sosial yang terdapat dalam kumpulan cerpen Perempuan di Rumah panggung karya Isbedy Stiawan ZS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekannya menggunakan pendekatan sosiologi sastra dan mimesis mempertimbangkan segi-segi kemasyarakatan dengan menggunakan analisis teks untuk mengetahui strukturnya. Dalam kumpulan cerpen Perempuan di Rumah Panggung surga karya Isbedy Stiawan ZS ditemukan 63 data dari tiga jenis masalah sosial di dalam kumpulan cerpen novel Perempuan di Rumah Panggung karya Isbedy Stiawan ZS. Dari 63 data tersebut masalah kemiskinan 50 data, masalah kejahatan 6 data, dan masalah pelanggaran norma-norma masyarakat 7 data. Setelah mendeskripsikan masalah sosial dalam kumpulan cerpen tersebut, selanjutkan penentuan cocok atau tidaknya novel ini dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di sekolah menengah atas. Jika dilihat dari segi bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya siswa kumpulan cerpen Perempuan di Rumah Panggung karya Isbedy Stiawan ZS dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di SMA daerah Lampung. Bahasa dalam novel ini mudah dipahami dan sesuai dengan peserta didik Lampung. Psikologis yang terdapat pada novel ini pun, sesuai dengan kondisi peserta didik SMA. Lalu, latar belakang sosial budayanya pun sesuai dengan kondisi masyarakat Lampung.
Tri Rahayu

Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (Rte) Terhadap Pemahaman Matematis Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama 05 Dente Teladas Tahun Pelajaran 2020/2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman matematis   Peserta Didik Kelas VIII SMP 05 Dente Teladas melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange. Populasi nya seluruh siswa, sample nya kelas VIIIA dan VIIIB. Kelas VIIIA tidak diberi perlakuan kelas VIII B diberi perlakuan dengan model pembelajaran RTE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange berpengaruh terhadap pemahaman matematis peserta didik. Dapat dilihat dari data hasil penelitian yang memperlihatkan bahwa R hitung lebih besar R tabel sampai akhirnya hipotesis diterima
trilia jugennita m ali, Yulina

ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA LAPORAN KULIAH KERJA NYATA MUHAMMADIYAH BENGKULU MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DAN MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KOTABUMI TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Abstrak   Masalah dari penelitian ini, yaitu kesalahan ejaan pada laporan Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah (KKNMu) Bengkulu mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikanberbagai kesalahan ejaan yang terdapat di dalam laporan Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah (KKNMu) Bengkulu mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) tahun akademik 2019/2020. Hasil penelitian terdapat kesalahan di dalam 14 laporan KKNMu Bengkulu mahasiswa PBSI dan PBI Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Dalam laporan mahasiswa terdapat 110 kesalahan penggunaan huruf kapital, 14 kesalahan penggunaan tanda baca titik, dan 201 kesalahan penggunaan tanda baca koma. Melalui penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui kesalahan ejaan sehingga dapat meningkatkan hasil yang lebih baik dalam proses penulisan laporan KKN berikutnya.   Kata Kunci: Kesalahan Ejaan, Laporan KKNMu Mahasiswa PBSI dan PBI Bengkulu.   Abstract   The problem with this research is spelling errors in the Bengkulu Muhammadiyah Real Work Lecture (KKNMu) report for Indonesian Language and Literature Education (PBSI) students and English Language Education (PBI) students at Muhammadiyah Kotabumi University (UMKO) for the 2019/2020 academic year. This study aims to describe the various spelling errors contained in the Bengkulu Muhammadiyah Real Work Lecture (KKNMu) reports for Indonesian Language and Literature Education (PBSI) students and English Language Education (PBI) students at Muhammadiyah Kotabumi University (UMKO) for the 2019/2020 academic year. The results showed that there were errors in 14 reports of KKNMu Bengkulu students of PBSI and PBI Muhammadiyah University of Kotabumi. In student reports, there were 110 errors in the use of capital letters, 14 errors in the use of punctuation marks, and 201 errors in the use of commas. Through this research, it is hoped that students can find out spelling errors so that they can improve better results in the process of writing the next KKN report. Keywords: Spelling Errors, KKNMu Reports for PBSI and PBI Bengkulu Students.
Wahyu Hidayat

Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Video Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Transformasi Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kotabumi Tahun Ajaran 2020/2021

Kendala yang terjadi pada proses pembelajaran yaitu siswa tidak memahami proses perubahan dari pokok bahasan transformasi. Dengan kendala tersebut siswa mengharapkan media pembelajaran yang dapat digunakan secara mandiri dan diakses berkali-kali tanpa batas ruang dan waktu. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dikembangkan media pembelajaran berbentuk video pembelajaran agar siswa mampu mengetahui proses pada pokok bahasan transformasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan media pembelajaran berbentuk video pada pokok bahasan transformasi siswa kelas XI SMK Negeri 03 Kotabumi berdasarkan penilaian  dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan praktisi pendidikan, dengan memvalidasi 5 video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan metode pengembangan Research and Developmen (R&D). Pada tahap pengembangan diawali dengan melakukan: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) ahli materi pada produk menghasilkan predikat “sangat layak, tidak perlu direvisi”, (2) ahli media pada produk menghasilkan predikat “layak, tidak perlu direvisi, (3) ahli bahasa pada produk menghasilkan predikat “layak, tidak perlu direvisi”, dan (4) praktisi pendidikan pada produk menghasilkan predikat “sangat layak, tidak perlu direvisi.  Berdasarkan hasil penilaian yang didapat maka media pada pengembangan ini layak menjadi produk dan perlu di uji coba lebih lanjut.
Yola Agustiana Yola, Ratih Handayani, Venty Meilasari

The The Correlation between students' reading interest and Their reading comprehension at the ninth grade of MTs N 1 Lampung Utara academic year 2021/2022

Hubungan Antara minat baca siswa dan pemahaman membaca siswa pada kelas sembilan dari MTs N 1 Lampung Utara tahun akademik 2021/2022

This study intends to investigate the phenomenon of students’ reading interest that can be related to their reading comprehension. The purpose of this study is to find out whether there is significant correlation between students’ reading interest and their reading comprehension at the ninth grade of MTs N 1 Lampung Utara academic year 2021/2022. The kind of this research is quantitative research and used correlational research design. The population consisted of 192 students. The sample was taken 15% of the population from each class, so the total sample was 29 students from each class. The instrument used in this research were questionaire and test with multiple choice form. Then, to fullfil the hypothesis of the research, the researcher analyzed data by using the formula of pearson product moment correlation and resulted Robserved = 0.442 then, resulted the value of Tobserved>Ttable was 2,561>2,045. Based on the result data analysis, it is concluded that Ho was rejected and Ha was accepted, It means that there is a significant correlation between the Students’ Reading Interest and Their Reading Comprehension. Keywords : Reading Interest, Reading Comprehension, Students.  
Yuda Pratama

THE CORRELATION BETWEEN LEARNING MOTIVATION AND SIMPLE PRESENT TENSE MASTERY AT THE ELEVENTH GRADERS OF SMAN 02 KOTABUMI IN ACADEMIC YEAR 2020/2021

Mastery of the simple present tense is the basic in the grammar aspect that is important for every student to learn and master. However, there are some students who have not mastered the simple present tense yet. One of the reasons is that students do not have high learning motivation in mastering simple present tense. In this case, the total population in the study was 352 students. Researcher used a proportional random sampling technique to take samples from the study. Techniques in data collection are to use 40 items questionnaire of learning motivation and 30 items simple present tense mastery test. From the analysis, it is found that the relationship is 0.940 using a significant level of 5% (0.05). The results obtained using the r table using the product moment formula and also the level of confidence is 95%, with a sample size of 36 students, the results will be obtained 0.329, meaning that the robserved (0.940) > r table (0.329). So H0, was rejected and Ha was received. It meant that there is correlation between learning motivation and simple present tense mastery at the eleventh grades of SMAN 02 Kotabumi in Academic Year 2020/2021.
Yunida Nindiya

PANDANGAN DUNIA PENGARANG DALAM NOVEL DI KAKI BUKIT CIBALAK KARYA AHMAD TOHARI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Abstrak   Masalah dari penelitian ini adalah pandangan dunia pengarang dalam novel Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan dunia pengarang dalam novel Di Kaki Bukit Cibalak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pandangan dunia pengarang yang terlihat dari tokoh problematik. Pandangan yang terlihat melalui tokoh problematik, yaitu korupsi dapat merugikan negara, bangsa, dan masyarakat. Korupsi juga dapat menyebabkan kemiskinan berkepanjangan. Pandangan tersebut juga dipengaruhi oleh unsur intrinsik, seperti tokoh, alur dan latar. Novel Di Kaki Bukit Cibalak dapat digunakan sebagai pilihan pembelajaran sastra, khususnya pembelajaran sosiologi sastra karena memenuhi kriteria pemilihan materi pembelajaran seperti bahasa, psikologi, dan budaya.   Kata Kunci: Pandangan dunia pengarang, Di Kaki Bukit Cibalak   Abstract   The problem of this research is the author's worldview in the novel Di Kaki Bukit Cibalak by Ahmad Tohari. This study aims to describe the author's worldview in the novel Di Kaki Bukit Cibalak. The results of the study indicated that there is a world view of the author which can be seen from the problematic character. The view that is seen through problematic figures is that corruption can harm the state, nation, and society. Corruption can also cause prolonged poverty. This view is also influenced by intrinsic elements, such as characters, plot, and setting. The novel Di Kaki Bukit Cibalak can be used as an option for literature learning, especially learning the sociology of literature because it meets the criteria for selecting learning materials such as language, psychology, and culture.   Keyword: the author's worldview, Di Kaki Bukit Cibalak
Zakiyah Azzahra, Sri Widayati, Dewi Ratnaningsih

THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ READING STRATEGIES AND STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT ELEVENTH GRADE OF MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 NORTH LAMPUNG ACADEMIC YEAR 2021/2022

Abstract: This research was aimed to investigate whether there is significant correlation between students’ reading strategies and students’ reading comprehension at eleventh grade of Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 North Lampung Academic Year 2021/2022. The kind of the research was quantitative research and used correlational research design. The samples of the research were 27 students which were taken by using proportional random sampling technique. The instruments used in this research were questionnaire and test. Questionnaire was used to measure students' reading strategies, meanwhile the test which was used to measure students' reading comprehension. Then, to prove the hypothesis of the research and the data was analyzed by using Pearson Product Moment correlation, the result showed that  = 0,969, and  = 0,381. It means that  is rejected, and  is accepted. From the result of significant test, it was found that  = 19,513 and  with dk = 27-2 by using significant level 5% is 2,052. Based on the result of the data analysis, it can be concluded that there is significant correlation between students’ reading strategies and students’ reading comprehension at the eleventh grade of Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 North Lampung Academic Year 2021/2022.
Zerine Muslimah